DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 17:11 WIB

Menteri PPPA: Belum ada Kabupaten dan Kota di Indonesia Layak Anak

Usman Hadi - detikNews
Menteri PPPA: Belum ada Kabupaten dan Kota di Indonesia Layak Anak Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise di Sleman. Foto: Usman Hadi
Sleman - Menteri PPPA, Yohana Yembise mengungkapkan sampai saat ini belum ada satupun kabupaten dan kota di Indonesia yang dinyatakan layak anak. Adanya kabupaten dan kota yang baru merintis sebagai daerah ramah anak.

"Belum ada kabupaten, kota di Indonesia yang bisa dikatakan betul layak anak, masih dalam proses," kata Yohana seusai meressmikan pusat studi wanita di Gedung Univercity Club di UGM, Jumat (13/10/2017).

Meski begitu, menurut Yohana sudah ada sekitar 323 kabupaten dan kota di Indonesia yang mulai melaunching sebagai daerah yang layak anak. Kementerian PPPA pun masih terus berupaya mendekati beberapa pemda agar lekas menyusul.

"Sehingga (pemda) bisa mengimplementasikan 24 indikator yang di dalamnya bisa menurunkan kekerasan terhadap anak. Bisa mengakhiri perdagangan manusia, kekerasan terhadap perempuan dan anak, termasuk narkoba dan zat adiktif," jabarnya.

Supaya menyandang daerah ramah anak, kata Yohana, salah satunya pemda harus memberikan hak-hak dasar anak. Seperti dengan memberikan kemudahan kepada anak dalam membuat akta kelahiran, lalu juga menyediakan taman bermain.

"Itu merupakan tugas bupati dan walikota di seluruh Indonesia, untuk bisa mengimplikasikan ke-24 indikator dan ini memang cukup berat untuk dilakukan. Kami juga masih melakukan sosialisasi secara massif ke daerah-daerah," tutupnya.
(sip/sip)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed