DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 14:57 WIB

Bekas Rumah Djoko Susilo di Solo Akan Jadi Museum Batik

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Bekas Rumah Djoko Susilo di Solo Akan Jadi Museum Batik Bekas rumah Djoko Susilo di Solo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Bekas rumah mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Djoko Susilo, bakal diserahkan kepada Pemerintah Kota Surakarta. Rumah sitaan KPK itu rencananya digunakan sebagai museum batik.

Rumah megah tersebut terletak di kawasan kampung batik kelurahan Sondakan, Laweyan, Solo. Rumah di atas tanah seluas 3.000 meter persegi itu berada di tepi Jalan Perintis Kemerdekaan.

"Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Presiden Joko Widodo sudah memberikan persetujuan untuk hibah rumah tersebut. Tanggal 17 Oktober akan dilakukan serah terima," kata Kabid Aset Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Pemkot Surakarta, Sugiyatno, Jumat (13/10/2017).

Bekas Rumah Djoko Susilo di Solo Akan Jadi Museum BatikFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Usai diserahkan, seluruh biaya pemeliharaan akan ditanggung oleh Bagian Umum Setda Surakarta. Sedangkan pengelolaannya sebagai museum akan diserahkan OPD terkait.

Meski menjadi sitaan KPK sejak 2013, rumah bergaya Jawa-Eropa itu kondisinya masih terawat. Menjelang acara serah terima, petugas dari pemkot juga melakukan beberapa perbaikan.

Tampak beberapa orang mengecat bagian tembok luar rumah. Beberapa petugas Dinas Pemadam Kebakaran juga membersihkan bagian selokan rumah.

"Ini tadi membersihkan saluran air dan siram-siram tanaman. Ini kan tugasnya juga dibagi-bagi ke Dinas Lingkungan Hidup, PUPR, Bagian Umum, menjelang penyerahan nanti," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Gatot Sutanto.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed