DetikNews
Selasa 10 Oktober 2017, 15:08 WIB

8 Jemaah Haji Asal Kudus Dinyatakan Negatif MERS

Wikha Setiawan - detikNews
8 Jemaah Haji Asal Kudus Dinyatakan Negatif MERS 8 jemaah haji di Kudus saat mendapat perawatan di rumah sakit. Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Kudus - Sebanyak 8 jemaah haji asal Kudus yang sempat diduga terjangkit virus MERS dinyatakan negatif. Hal itu sesuai dari hasil penelitian dari laboratorium Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Jakarta.

Para jemaah haji tersebut sebelumnya mendapat perawatan di RSUD Loekmono Hadi Kudus dan RSUD Karyadi Semarang. Bermula dari adanya keluhan demam, batuk, dan sesak napas.

Direktur RSUD Loekmono Hadi Kudus, Abdul Aziz Anyar menuturkan bahwa gejala yang dialami para pasien memang terindikasi virus MERS. Namun, setelah dilakukan tes laboratorium dinyatakan negatif.

"Jadi setelah menerima para pasien, kami langsung mengambil sampel darah dam swap untuk kita kirim ke Puslitbang Kemenkes guna uji laboratorium, dan hasilnya negatif," ujarnya, Selasa (10/10/2017)

Dugaan terjangkit virus MERS, awalnya karena 8 pasien merupakan jamaah haji yang baru datang dari tanah suci ini mengalami gejala mengarah pada MERS.

"Gejalanya memang seperti terkena MERS, untuk itu kami lakukan uji laboratorium, dan hasilnya negatif," papar dia.

Dikatakannya, hingga saat ini masih ada dua pasien dari delapan pasien yang menjalani perawatan di RSUD Loekmono Hadi.

"Keduanya sudah dipindahkan dari ruang isolasi ke ruang perawatan," tandasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed