DetikNews
Senin 09 Oktober 2017, 18:41 WIB

Gaplek Jadi Makanan Favorit Warga Banjarnegara

Uje Hartono - detikNews
Gaplek Jadi Makanan Favorit Warga Banjarnegara Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Makanan gaplek tidak asing bagi sebagian warga desa di Kabupaten Banjarnegara. Makanan yang terbuat dari singkong dan seringa disebut leye ini menjadi menu favorit bagi warga masyarakat.

Misalnya di Desa Petir Kecamatan Purwanegara. Di desa tersebut mayoritas warga sering mengkonsumsi leye untuk kebutuhan karbohidrat sehari-hari.

"Di desa Petir sudah dari dulu warga makan gaplek atau leye sampai sekarang," kata Kepala Desa Petir Carso Adiyanto, Senin (9/10/2017).

Ia menegaskan, kebiasaan makan gaplek bukan semata-mata dilakukan oleh warga kurang mampu. Namun, menjadi makanan favorit semua warga di desanya. Meski tidak selalu dimakan setiap hari, warga selalu mempunyai stok bahan makanan gaplek.

"Di Desa Petir mayoritas warga sering mengkonsumsi gaplek termasuk saya. Kalau setiap hari sih tidak, tetapi sering. Karena kalau beras itu tidak ada rasa pengen makan nasi beras, tetapi kalau gaplek atau leye itu kadang kepengin," jelasnya.

Hal serupa juga dikatakan Kades Kaliajir Kecamatan Purwanegara Zaenal Arifin. Menurutnya, kebiasaan ini ada di Desa Kaliajir dan sekitarnya seperti Desa Kalitengah, Jalatunda, Somawangi dan yang lainnya.

"Karena di daerah sini juga banyak petani singkong, jadi tidak heran kalau banyak warga yang hobi makan gaplek," tuturnya.

Saat ditanya soal dugaan gaplek beracun hingga mengakibatkan 2 warga tewas, Arifin menilai hal itu diakibatkan proses pembuatan yang kurang bersih. Sehingga munculkan kandungan berbahaya terhadap tubuh manusia.

"Kalau semua gaplek itu berbahaya jelas tidak, karena di sini banyak yang mengkonsumsi gaplek," tegasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed