DetikNews
Senin 09 Oktober 2017, 18:28 WIB

Busana Adat untuk Pernikahan Kahiyang Jokowi Dipesan di Banyak Toko

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Busana Adat untuk Pernikahan Kahiyang Jokowi Dipesan di Banyak Toko Ki Ronggojato Sugiyatno. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Solo - Keluarga Presiden Joko Widodo memesan seperangkat pakaian adat di toko Busana Jawi, Jalan Teuku Umar, Solo. Pakaian tradisional itu akan dikenakan para panitia dalam acara pernikahan Kahiyang. Namun ternyata pemesanan juga tak seluruh diborongkan ke toko tersebut.

Toko milik Ki Ronggojati Sugiyatno atau akrab disapa Mbah No, ternyata memang sudah lama menjadi langganan Jokowi. Sejak menjabat menjadi Wali Kota Surakarta, Jokowi kerap menggunakan jasa Mbah No untuk pemesanan busana tradisional Jawa. Hal serupa juga dilakukan saat pernikahan putra sulungnya, Gibran Rakabuming.

Salah satu hal yang selalu diingat oleh Mbah No ialah kebiasaan Jokowi yang tidak pernah memesan barang kebutuhan hanya di satu tempat. Seperti saat ini, keluarga Jokowi hanya memesan pakaian di tokonya untuk 23 orang.

"Selalu dibagi-bagi ke perajin lain. Sebenarnya kalau kami mengerjakan sendiri bisa saja," kata Mbah No di tokonya, Senin (9/10/2017).

Dia mencontohkan, Jokowi selalu memesan barang di berbagai tempat. Seperti selop, blangkon dan barang lainnya dipesan di lokasi berbeda.

"Dari dulu memang Pak Jokowi selalu bagi-bagi rezeki ke banyak perajin di Solo. Ini keistimewaan Pak Jokowi. Jadi tidak hanya ke satu perajin, nanti selop di sana, blangkon di sana," ujarnya.
(mbr/mbr)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed