detikNews
Senin 09 Oktober 2017, 12:35 WIB

Ini Dia Alasan Mundurnya Jadwal Pelantikan Gubernur DIY

Edzan Raharjo - detikNews
Ini Dia Alasan Mundurnya Jadwal Pelantikan Gubernur DIY Dirjen Otonomi Daerah, Sumarsono di Komplek Kepatihan Yogyakarta. Foto: Edzan Raharjo
Yogyakarta - Masa jabatan Sri Sultan HB X sebagai Gubernur DIY periode 2012-2017 habis pada 10 Oktober 2017. Namun rencananya acara pelantikan baru akan digelar pada 16 Oktober 2017 di Jakarta.

Dirjen Otonomi Daerah, Sumarsono menemui Sultan hari ini di Yogyakarta untuk menjelaskan hal ini.

"Saya memberikan penegasan kepada Yogyakarta proses pelantikanya diundur, harusnya tanggal 10 (Oktober) sesuai masa jabatan, tetapi dilaksanakan tanggal 16 (Oktober). Ini menegaskan mengenai proses mundur dan dasar rasionalisasi," kata Sumarsono di komplek Kepatihan, jalan Malioboro, Yogyakarta, Senin (9/10/2017).

Menurutnya, untuk pelantikan Gubernur boleh mundur tetapi tidak boleh maju. Karena masa jabatan Gubernur DKI habis tanggal 15 Oktober 2017, maka DIY yang mundur untuk dilantik secara bersamaan.

Rencananya pelantikan Sultan HB X sebagai Gubernur DIY dilakukan di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 16 Oktober sekitar pukul 10.00 WIB. Pelantikan akan dilakukan bersamaan dengan pelatikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Kalau pelantikan Gubernur itu mundur boleh, maju tidak boleh. DKI kan tanggal 15 berakhir dimajukan tanggal 13 gak bisa, maka posisi DIY yang mengalah mundur," kata Sumarsono.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com