DetikNews
Jumat 06 Oktober 2017, 17:17 WIB

Ratusan Mahasiswa di Yogya Demo Tuntut Setnov Mundur

Usman Hadi - detikNews
Ratusan Mahasiswa di Yogya Demo Tuntut Setnov Mundur Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Ratusan mahasiswa tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Yogyakarta Antikorupsi menggelar Aksi Indonesia Darurat Korupsi. Aksi yang dilakukan di kawasan Malioboro itu dengan berjalan mundur dan menuntut Setya Novanto mundur dari jabatan.

Aksi diawali dari tempat parkir Abu Bakar Ali melewati Jl Malioboro hingga titik nol kilometer. Selain berjalan mundur, mahasiswa juga melakukan aksi teatrikal. Sebuah kursi plastik diseret oleh mahasiswa yang mengenakan topeng berwajah Setya Novanto (Setnov).

"Aksi ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang kondisi pemberantasan korupsi di Indonesia. Terutama pasca putusan praperadilan yang menganulir status tersangka Setya Novanto," kata seorang perwakilan aksi, Rawa, Jumat (6/10/2017).
Aksi mahasiswa Yogya di MalioboroAksi mahasiswa Yogya di Malioboro Foto: Usman Hadi/detikcom


Mereka menilai banyak keganjilan dalam kasus korupsi yang menyeret nama Setya Novanto. Mereka menuntut Setnov mundur dari jabatannya sebagai pimpinan DPR.

"Kami mendukung langkah KPK dalam mengeluarkan surat perintah penyidikan baru untuk menjerat Setya Novanto. Termasuk mendesain agar Mahkamah Kehormatan DPR RI untuk bersikap tegas terhadap setiap anggota DPR yang terlibat kasus tindak pidana korupsi," katanya.

Aksi di sepanjang jalan di Malioboro berjalan tertib. Aparat kepolisian tidak melakukan pengamanan dengan ketat namun terus melakukan pemantauan terutama saat aksi di sekitar DPRD DIY. Arus lalu-lintas dii sekitar Malioboro juga lancar.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed