detikNews
Jumat 06 Oktober 2017, 13:48 WIB

Kata Sultan HB X Soal Kemungkinan Kekosongan Jabatan Gubernur DIY

Edzan Raharjo - detikNews
Kata Sultan HB X Soal Kemungkinan Kekosongan Jabatan Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Jabatan Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan habis tanggal 10 Oktober 2017. Jika belum ada pelantikan hingga tanggal itu, maka akan ada kekosongan jabatan Gubernur DIY.

Sultan mengaku belum mendapat pemberitahuan resmi soal pelantikan Sultan HB X sebagai Gubernur DIY periode berikutnya 2017-2022.

"Belum, saya belum tahu. Sampai sekarang belum tahu. Iya, iya (Tetap menunggu informasi formalnya). Mekanismenya gimana dan bagaimana belum tahu," kata Sultan di komplek Kepatihan Yogyakarta, Jumat (6/10/2017).

Jika sampai tanggal 10 Oktober 2017 belum ada pelantikan, menurut Sultan, Kemendagri pastinya akan mengeluarkan perpanjangan masa jabatan. Tetapi Sultan berharap pelantikan bisa dilakukan pada tanggal tersebut.

Soal tempat pelantikan apakah di Yogya atau di Jakarta hal itu Sultan menyerahkan keputusan kepada Presiden Joko Widodo.

"Ya memang harapan saya itu (dilantik tanggal 10 Oktober), gitu lho. Ya biarpun kita dengar dari Pak Dirjen tetapi keputusan kan tetep akhir di Presiden," kata Sultan.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com