Penampakan 7 Baju Batik Raksasa di Pekalongan yang Bisa Bikin Kaget

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 04 Okt 2017 15:28 WIB
Baju batik raksasa tingginya sekitar 15 meter. Foto: Robby Bernardi
Pekalongan - Sebanyak 7 baju batik raksasa dapat ditemui di sekitar Lapangan Jetayu Pekalongan. Baju batik dalam beraneka motif dan jenis ini memiliki tinggi sekitar 15 meter.

Tujuh penampakan baju batik ini, berupa kemeja batik, rok batik dan gaun batik, yang dipajang berjajar di sekitar lapangan Jetayu mulai hari ini.

Pembukaan Pekan Batik Kota Pekalongan dibuka oleh Sekretaris Menteri Koperasi dan UMKM, Agus Muharram. Agus berharap dengan adanya hari batik yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2017 lalu, Aparatur Sipil Negara (ASN), maupun unsur TNI-Polri dapat ikut berperan dalam mendongkrak pendapatan negara dengan ikut membeli batik.

"Kalau kita gerakkan ya dari ASN, TNI, dan Polri ada 4,7 juta orang. Kalau setahun membeli batik Rp 50 ribu saja dikalikan aja ada Rp 6-7 triliun," kata Agus Rabu (4/10/2017).
Salah satu batik raksasa di Pekalongan.Salah satu batik raksasa di Pekalongan. Foto: Robby Bernardi

Ditambah dari sektor parhotelan yang menunjukkan data tahun 2016 sebanyak 2.386 diasumsikan berbelanja aksesoris berbahan batik Rp 20 juta maka omzet pasar batik per tahun sekitar Rp 47,7 miliar

Sehingga, pasar batik dari sektor pekerja dan pariwisata (hotel) saja pertahun mencapai Rp 6,52 triliun.

Agus menyampaikan, hingga semester pertama 2017, nilai ekspor batik mencapai USD 39,4 Juta atau Rp 528 Miliar dengan tujuan pasar Amerika Serikat, Eropa dan Jepang

Menurutnya, dengan adanya pekan batik yang digelar sejumlah kota di Indonesia juga dijadikan ajang promosi. Sehingga selanjutnya dapat mendongkrak pendapatan pengrajin dan pegawainya.

"Ini di Kota Pekalongan sudah kesepuluh kalinya menggelar acara pameran, diharapkan kepada pengrajin batik, selain menjual produk juga bisa berkreasi. Jangan mengandalkan pameran besar saja, bisa juga melalui bisnis secara online, dengan menjaga kepercayaan pembeli," pungkasnya. (sip/sip)