detikNews
Minggu 01 Oktober 2017, 10:38 WIB

Bikin Ulang Film G30S, Tommy: Silakan, Tapi Jangan Ubah Isinya

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Bikin Ulang Film G30S, Tommy: Silakan, Tapi Jangan Ubah Isinya Tommy Soeharto di CFD Solo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Presiden Joko Widodo mewacanakan pembuatan ulang film G30S/PKI. Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto setuju usulan itu, dengan syarat tidak merubah substansinya karena merupakan fakta sejarahnya.

Tommy menilai pembaruan merupakan hal yang boleh dilakukan. Namun dia meminta agar tidak ada perubahan konten yang substansial.

"Kalau diproduksi untuk kalangan milenia boleh aja, selama substansinya tidak diubah, sesuai fakta sejarah," kata Tommy usai berjalan di car free day dari simpang tiga Plaza Sriwedari hingga Bundaran Gladag, Solo, Minggu (1/10/2017).

Menurutnya, film yang sudah ada merupakan bagian sejarah yang tidak boleh dilupakan masyarakat. Dia berharap agar kejadian serupa tidak terulang.

"Kebetulan ini 1 Oktober, kita ingat masa kelam ini menjadi bagian sejarah yang harus diingat anak bangsa. Sehingga tidak ada hal serupa terjadi di seperti tahun 1965," ujar putra bungsu Soeharto tersebut.

Terlebih, film tersebut sudah lama tidak diputar. Para remaja masa kini hampir dipastikan belum pernah menonton film tersebut.

"Film ini kan udah beberapa tahun enggak diputar. Banyak generasi muda yang tahun 1998 baru lahir, pasti belum pernah melihat," katanya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed