Meski Memacetkan Jalan, Pesawat Hercules Tetap Dinanti Warga Yogya

Rinto Heksantoro - detikNews
Jumat, 29 Sep 2017 10:50 WIB
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Yogyakarta - Perjalanan badan pesawat C-130 Hercules A-1301 sampai di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala di Yogyakarta hari ini. Pesawat tersebut akan menjadi koleksi museum yang berada di Komplek Lanud Adisutjipto Yogyakarta.

Perjalanan dari Lanud Sulaiman Bandung menuju Yogyakarta menggunakan jalur darat sejak hari Senin (25/9/2017). Perjalanan darat menggunakan truk trailer membutuhkan waktu lama sekitar 5 hari dan ekstra hati-hati.

Jalur selatan baik di Jawa Barat dan Jawa Tengah yang tidak lebar dan padat kendaraan membuat perjalanan harus hati-hati. Jalur selatan dari Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Jawa Barat kemudian Majenang Cilacap, Banyumas, Jawa Tengah sempat mengalami kendala.

Potongan badan pesawat itu sempat terhenti di jembatan Rawalo Banyumas, Jawa Tengah pada hari rabu (27/9/). Truk akhirnya memutar arah atau mencari jalan alternatif dari Banyumas menuju Kebumen dan Purworejo.
pesawat Hercules lewat di Kebumenpesawat Hercules lewat di Kebumen Foto: Rinto Heksantoro/detikcom


Saat truk trailer melintas di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, Kamis (28/9/2017) sore banyak warga yang menanti dan ingin melihatnya. Informasi truk pengangkut pesawat Hercules ini akan lewat sudah menyebar sejak pagi hingga siang melalui berbagai media sosial.

Meski membuat macet dan arus lalu-lintas di wilayah Kebumen, banyak yang senang dan ingin melihat langsung.

Salah satu warga Kebumen, Sumi (55), yang sudah sejak pagi menunggu kedatangan pesawat itu mengaku senang ketika bisa menyaksikan pemandangan langka itu. Sumi sendiri, sebelumnya mendapatkan informasi itu dari media sosial bila pesawat yang diangkut dengan truk akan melintasi Kebumen.

"Ya sudah sejak tadi nunggu ini rame-rame. Pas lihat ya senang aja karena baru pertama kali lihat," katanya.

Tidak hanya Sumi, kedatangan badan pesawat terbang milik TNI AU itu juga telah dinantikan oleh warga Kebumen lainnya. Ketika truk pengangkut lewat, Dani (29) langsung mengarahkan kamera ponselnya untuk mengabadikan momen. Tak hanya Dani, warga lainnya pun juga banyak yang memotretnya.

Perjalanan pada hari Kamis hingga hari ini Jumat (29/9) dari Kebumen, Purworejo, Jawa Tengah dilanjutkan lewat Kulonprogo DIY tidak menemui kendala. Perjalanan relatif lancar dan sempat berhenti di wilayah Sentolo sebelum memasuki Sedayu Bantul di Jl Wates hingga Ringroad selatan sebelum menuju Lanud Adisutjipto Yogyakarta.

Setelah sampai di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala semua potongan pesawat baik badan, sayap dan ekor akan dirangkai kembali. Pesawat yang pernah digunakan oleh TNI AUini akan menjadi koleksi baru di museum tersebut.

(bgs/bgs)