DetikNews
Selasa 26 September 2017, 17:45 WIB

Tak Masalah PKL Malioboro Libur, Wisatawan Ini Malah Ikut Kerjabakti

Edzan Raharjo - detikNews
Tak Masalah PKL Malioboro Libur, Wisatawan Ini Malah Ikut Kerjabakti PKL Malioboro tutup hari ini. Foto: Edzan Raharjo
Yogyakarta - Pemadangan berbeda terjadi hari ini di sepanjang jalan Malioboro membuat banyak wisatawan heran. Karena biasanya Malioboro identik dengan PKL, tetapi hari ini tak satupun PKL yang berjualan.

Sejumlah wisatawan yang tidak mengetahui, terheran-heran melihat suasana di Malioboro. Berbagai tanggapan muncul atas liburnya para PKL Malioboro.

Pengunjung Malioboro dari Makassar, Gusyen Helen Tolayuk (20) mengatakan bahwa Malioboro hari ini lebih nyaman dan bersih. Apalagi juga ada kegiatan bersih-bersih bersama-sama. Menurutnya ide ini bagus untuk kepentingan bersama.

"Lihat begini jadi menarik gitu, apalagi saya kan dari luar Yogya dari Makassar. Saya baru pertama di Yogya," kata Gusyen di Jalan Malioboro, Selasa (26/9/2017).

[Gambas:Video 20detik]

PKL di Malioboro, menurutnya sudah menjadi ciri khas. Kalau orang dari luar Yogyakarta ke Malioboro pasti yang ingin dilakukan adalah berbelanja. Karena banyak yang tidak tahu kalau hari ini libur, banyak juga wisatawan yang heran karena mau belanja tetapi tidak ada PKL.

Ia mengaku juga ikut kerjabakti bersih-bersih di jalan Malioboro bersama teman-temanya yang sedang berada di Yogyakarta.

"Saya diajak ikut, seneng sih. Kalau begini kan masyarakat lebih nyaman karena bersih," katanya

Wisatawan lain, Rosida (32) dari Banjarbaru Kalimantan Selatan juga sempat kaget dengan kosongnya Malioboro dari PKL hari ini. Dia yang sudah beberapa kali berkunjung ke Malioboro mengaku tak masalah dengan kondisi ini.

"Biasanya banyak sekali di sini, ini bersih tidak ada PKL. Banyak perubahan sekarang Yogya," kata Rosida.
(sip/sip)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed