Kebakaran Hutan di Lereng Gunung Muria Padam, Warga Masih Berjaga

Wikha Setiawan - detikNews
Senin, 25 Sep 2017 13:55 WIB
Kebakaran di Hutan Lereng Gunung Muria, Kudus. Foto: Dok Tagana Kudus
Kudus - Kebakaran yang melanda hutan lereng Gunung Muria sudah berhasil ditaklukkan. Namun hingga kini warga dan petugas gabungan masih berjaga di lokasi.

"Api sudah padam kemarin, Minggu (24/9), setelah dilakukan lokalisir dan guyuran hujan," ujar Polisi Hutan dari Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Ternadi , Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Muria Patiayam, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pati, Nur Hamid, Senin (25/9/2017).

Hamid melanjutkan, api yang telah dilokalisir petugas kemudian diguyur hujan selama 1,5 jam.

Hari ini, seluruh petugas yang berada di lokasi telah ditarik kembali. Meski begitu, sampai tiga hari ke depan masih dilakukan penjagaan.

"Karena medannya licin dan rawan longsor, kami tarik petugas untuk turun. Tapi kami masih siaga dan menjaga bekas kebakaran," papar dia.

Penjagaan dilakukan bekerjasama dengan masyarakat Desa Rahtawu, Gebog, Kudus yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH) untuk mengawasi agar tidak ada titik api baru.

"Kami akan berjaga bersama LMDH dan masyarakat sekitar," katanya.

Koordinator Tagana Kabupaten Kudus, Suyadi menuturkan, kebakaran hutan lereng Gunung Muria terjadi di petak 75 wilayah RPH Bategede Jepara dan merambah di petak 64 RPH Batealit Jepara.

"Lokasi kebakaran memang sulit dijangkau. Tapi petugas sudah berupaya dan saat ini sudah padam," tandasnya. (sip/bgs)