DetikNews
Sabtu 23 September 2017, 18:49 WIB

Dalang Wayang Kancil Legendaris asal Yogya, Mbah Ledjar Tutup Usia

Edzan Raharjo - detikNews
Dalang Wayang Kancil Legendaris asal Yogya, Mbah Ledjar Tutup Usia Ki Ledjar Subroto (Foto: Edzan Raharjo/detikcom)
Yogyakarta - Ki Ledjar Subroto atau akrab disapa Mbah Ledjar, dalang wayang kancil legendaris asal Yogyakarta meninggal dunia. Mbah Ledjar memiliki keistimewaan dalam memainkan boneka-boneka wayang dengan tokoh-tokoh hewan.

Mbah Ledjar meninggal di usia 80 tahun di RS Panti Rapih Yogyakarta, Sabtu (23/9/2017) 11. 55 WIB. Jenazah almarhum selanjutnya dibawa ke duka di Sosrokusuman, RT 15 RW 5, Danurejan, di Jalan Mataram, Yogyakarta.

Nur Fitrianto, cucu Mbah Ledjar, mengatakan kakeknya mengalami sesak napas dan selanjutnya dilarikan ke rumah sakit hingga akhirnya meninggal dunia.

Menurutnya, beberapa bulan terakhir kondisi Mbah Ledjar memang semakin melemah karena faktor usia. Meski demikian, dalang wayang kancil kenamaan itu masih sering menerima tamu untuk wawancara, kebanyakan dari mahasiswa dan dari media.

Dalang Wayang Kancil Legendaris asal Yogya, Mbah Ledjar Tutup UsiaWayang kancil, koleksi Mbah Ledjar. (Foto: Edzan Raharjo/detikcom)

Selama hidupnya, Mbah Ledjar mengabdikan dirinya pada dunia pewayangan, khususnya wayang kancil. Selain menerima undangan di dalam negeri, dia juga sering mendapat undangan mendalang di luar negeri. Berbagai penghargaan tingkat lokal maupun nasional juga sering dibberikan kepada Mbah Ledjar.

"Mbah Ledjar pernah berpesan agar wayang kancil selalu dihidupkan. Meskipun nanti rumah ini digusur, agar wayang kancil tetap lestari," kata Sulastri, kemenakan almarhum, di rumah duka.

Untuk melestarikan wayang kancil, Mbah Ledjar berharap kepada Nanang, salah satu cucu keponakanya Nanang yang saat ini sedang berada di Jepang. Nanang dinilainya mewarisi jiwa seni keluarga, khususnya di dunia pedalangan.

Karangan bunga dan para pelayat sudah berdatangan di rumah duka. Jenazah Mbah Ledjar rencananya akan di makamkan pada Minggu (24/9) besok di Pemakaman Kuncen Yogyakarta.

Wayang Kancil adalah salah satu jenis wayang kulit Jawa dengan boneka berukuran kecil. Tokoh-tokoh dalam wayang kancil adalah berbagai macam hewan, meskipun ada juga sedikit tokoh berwujud manusia. Cerita yang dipakai adalah seputar kehidupan masyarakat sekitar hutan maupun dunia fabel.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed