DetikNews
Rabu 20 September 2017, 13:49 WIB

Antre Elpiji 3 Kg Sejak Pagi, Ternyata Harus Setor Copy KTP dan KK

Wikha Setiawan - detikNews
Antre Elpiji 3 Kg Sejak Pagi, Ternyata Harus Setor Copy KTP dan KK Antrean elpiji 3 kg di Demak. (Foto: Wikha Setiawan/detikcom)
Demak - Kelangkaan elpiji 3 kg masih terjadi di sejumlah daerah. Di Demak, Jateng, warga yang sudah mengantre sejak pagi, harus direpotkan lagi dengan persyaratan khusus untuk bisa membeli elpiji, yakni harus menyerahkan fotocopy KTP dan kartu keluarga (KK).

Operasi pasar elpiji 3 kg yang digelar oleh Dinas Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Demak dan Pertamina sudah diserbu warga sejak pagi hari. Mereka membawa tabung gas elpiji kosong untuk diganti yang berisi. Seperti yang digelar di SPBU Katonsari, Demak, Rabu (20/9/2017).

Seorang warga, Kamtini (66) mengaku sudah mendatangi lokasi sekitar pukul 07.00 WIB. Ia sengaja berangkat pagi supaya kebagian gas elpiji 3 kg atau biasa disebut elpiji melon, yang sudah sulit dicari sejak beberapa pekan terakhir.

"Berangkat pagi agar dapat elpiji, karena sudah lama sulit dicari. Tapi sampai jam 09.00 WIB belum juga dimulai," katanya, Rabu (20/9/2017).

Lutfaturrohman, warga lain, mengaku bingung karena setelah mengantre panjang ternyata harus membawa fotocopy KTP dan KK.

"Ya kalau harus menyerahkan fotocopy KK juga menyusahkan. Saya jauh, di Kalikondang. Kalau harus kembali lagi ke rumah untuk fotocopy KK, nanti sampai sini belum tentu masih ada gasnya," kata dia.

Persyaratan menyerahkan copy KK tersebut untuk memastikan bahwa satu keluarga hanya mendapatkan satu tabung saja. Namun sepertinya persyaratan itu kurang tersosialisasikan. Setelah terjadi kegelisahan pengantre, pihak Dinas lalu mengubah persyaratan.

"Kalau cuma KTP, bisa saja nanti dalam satu keluarga ngambil dua atau tiga tabung. Namun melihat kondisi banyak yang tidak lengkap persyaratannya akhirnya kami perbolehkan menggunakan potocopy KTP saja," papar Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Demak, Zuarin.

Dalam operasi pasar tersebut disediakan 560 tabung gas. Jika nantinya masih kurang direncanakan akan kembali mengajukan tambahan ke Pertamina.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed