detikNews
Jumat 15 September 2017, 08:52 WIB

Status Kawah Sileri Dieng Naik Menjadi Waspada

Uje Hartono - detikNews
Status Kawah Sileri Dieng Naik Menjadi Waspada Kawah Sileri. Foto: Istimewa
Banjarnegara - Status Kawah Sileri di dataran tinggi Dieng atau tepatnya di Desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara dari normal naik menjadi waspada. Radius aman yang sebelumnya 100 meter dari bibir kawah saat ini menjadi 1 kilometer.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Surip mengatakan, peningkatan status menjadi waspada mulai pukul 23.00 WIB Kamis (14/9) malam. Gempa tremor di Kawah Sileri yang terjadi sejak Rabu (13/9) pukul 20.45 WIB, hingga saat ini masih terus terjadi.

"Mulai tadi malam tepatnya pukul 23.00 WIB, status di Kawah Sileri naik dari normal menjadi waspada. Hal ini berpengaruh terhadap radius aman yakni dari 100 meter menjadi 1 kilometer," terang Surip, Jumat (15/9/2017).

Dengan naiknya status ini, ia mengimbau agar warga maupun wisatawan mematuhi ketentuan terkait radius aman di kawah yang sempat meletus 2 Juli 2017 lalu. Namun demikian, ia juga meminta agar warga tidak panik menyikapi naiknya status waspada di Kawah Sileri.

Menurutnya, obyek wisata lain seperti Kawah Candradimuka, Kawah Sikidang, Komplek Candi Arjuna serta tempat wisata lain dipastikan masih aman untuk dikunjungi.

"Baik warga maupun wisatawan untuk tidak terpancing dan panik. Karena, selain Kawah Sileri dan Timbang masih bisa dikunjungi karena tidak ada pengaruh dari peningkatan status waspada di Kawah Sileri," jelasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed