DetikNews
Kamis 14 September 2017, 19:09 WIB

Kesulitan Akses Air Bersih, 800 KK di Banjarnegara Mandi Air Keruh

Uje Hartono - detikNews
Kesulitan Akses Air Bersih, 800 KK di Banjarnegara Mandi Air Keruh Kekeringan di Banjarnegara. (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Sebanyak 800 KK di Desa Jalatunda, Mandiraja, Banjarnegara masih mengalami krisis air bersih hingga saat ini. Mereka terpaksa mandi di sungai yang keruh dan sangat terbatas lantaran sulit jika membeli air bersih setiap hari.

Kepala Desa Jalatunda, Satam, mengatakan untuk membeli air bersih warga harus mengeluarkan Rp 4 ribu untuk satu galon. Air tersebut biasanya digunakan warga untuk keperluan air minum dan memasak setiap harinya.

"Beli air bersihnya ada yang di dalam desa, ada yang ke luar desa Jalatunda, karena stok di dalam desa terbatas," terangnya, Kamis (14/9/2017).

Kesulitan Akses Air Bersih, 800 KK di Banjarnegara Mandi Air KeruhWarga mandi di sungai yang airnya terbatas dan keruh. (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Sedangkan untuk keperluan mencuci serta mandi, Satam menyebutkan warganya menggunakan air Sungai Sapi yang berada sekitar 2 kilometer dari rumah warga. Meski saat ini, air di sungai tersebut terus berkurang.

Menurutnya, meski air di sungai tersebut keruh, namun warga tidak ada pilihan lain. Beberapa warga membuat sumur resapan di tepi-tepi sungai untuk mencari air yang sedikit lebih bersih.

"Bahkan, dari pemerintah desa sudah mengaduk sungai agar lebih dalam. Sehingga untuk mandi dan mencuci lebih mudah," kata Satam.

Saat ditanya soal bantuan droping air bersih, ia mengaku warga di wilayahnya sudah menerima. Namun droping air bersih tersebut tidak dilakukan setiap hari sehingga tidak mampu mencukupi kebutuhan warga setiap hari.

"Di Desa Jalatunda memang langganan krisis air selama musim kemarau," imbuhnya.

Dewi, salah seorang warga setempat, mengaku terpaksa mandi dan mencuci di air keruh. Meski air di sungai tersebut kerap membuat gatal-gatal di bagian tubuh.

"Mandi di sini. Kadang bikin gatal di tangan dan di anggota tubuh lainnya. Air bersih dari bantuan droping atau pas beli digunakan untuk memasak di rumah," tuturnya.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed