DetikNews
Kamis 14 September 2017, 16:54 WIB

Puncak Kemarau, Kebakaran di Semarang Bisa Terjadi 3 Kali Sehari

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Puncak Kemarau, Kebakaran di Semarang Bisa Terjadi 3 Kali Sehari Kebakaran semak-semak di Semarang (Foto: istimewa)
Semarang - Memasuki puncak musim kemarau, jumlah peristiwa kebakaran di Kota Semarang mengalami peningkatan. Hampir setiap hari di musim kemarau ini petugas pemadam kebakaran beraksi menjinakkan si jago merah. Rata-rata sehari ada 3 kali kebakaran.

Kabid Operasional dan Pengendalian Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Sumarsono, mengatakan layaknya minum obat, 3 kali sehari petugas pemadam di Kota Semarang beraksi pada puncak musim kemarau.

"Sehari seperti orang minum obat. Bisa juga terjadi bersamaan di 2 tempat berbeda. Pernah juga 5 kali dalam sehari," kata Sumarsono saat ditemui detikcom di kantornya, Kamis (14/9/2017).

Sumarsono menjelaskan, dari wilayah penangannya yaitu pemukiman dan kawasan industri, setidaknya ada 199 kejadian sejak awal tahun hingga Rabu (13/9) kemarin. Mayoritas didominasi oleh kebakaran alang-alang dan sampah.

"Kuantitasnya pada bulan yang sama tahun lalu meningkat didominasi kebakaran ilalang dan sampah. Ironisnya sampah itu di dekat pemukiman padat penduduk," tandasnya.

Peningkatan jumlah peristiwa kebakaran dimulai pada bulan Juli, Agustus, dan September ini. Sumarsono menjelaskan sebenarnya cuaca tidak menjadi faktor utama kebakaran, namun pada musim kemarau memang trennya meningkat karena bisa saja gesekan ilalang kering dipadu angin bisa menyebabkan kebakaran.

"Ilalang bisa ada gesekan kemudian ada bahan yang mudah terbakar. Sampai kemarin itu terdata 199 kejadian, bisa dibulatkan 200 karena ada yang tidak sampai dilaporkan ke kami," tandasnya.

Kebakaran ilalang dan sampah yang terjadi di Kota Semarang banyak yang berada di dekat pemukiman warga. Sumarsono menghimbau agar masyarakat tidak secara sengaja membakar sampah di lahan terbuka sekalipun karena rumput kering dan angin memudahkan api merambat.

"Himbauan kepada masyarakat hati-hati. Ketika terjadi suatu kebakaran di Kota Semarang segera hubungi 024-7605871 dan ini tidak membayar," tegasnya.

Petugas pemadam kebakaran Kota Semarang memang sibuk akhir-akhir ini karena sering ada laporan kebakaran ilalang. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang pun bersiaga 24 jam dengan 22 mobil armada di 7 pos pembantu dan 1 pos induk dengan 300 personel.
(alg/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed