DetikNews
Sabtu 09 September 2017, 15:41 WIB

Serunya Para Siswa Utak-atik Roket Air yang Dikonteskan Yogyakarta

Edzan Raharjo - detikNews
Serunya Para Siswa Utak-atik Roket Air yang Dikonteskan Yogyakarta Kontes roket air di Yogyakarta. (Foto: Edzan Raharjo/detikcom)
Yogyakarta - Kontes roket air tingkat SMP, SMA digelar di Yogyakarta. Kontes yang diikuti ratusan siswa dari berbagai sekolah di DIY, Jawa Tengah dan sekitarnya ini digelar di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Sabtu (9/9/2017). Mereka nampak sangat antusias.

Kontes roket air yang dihelat Taman Pintar Yogyakarta tersebut berupa kompetisi pembuatan dan peluncuran roket air. Para siswa terlihat asyik mengutak-atik roket yang dibuat agar bisa diluncurkan dengan sempurna. 10 peserta terbaik akan maju di kontes roket air tingkat nasional 2017.

Salah satu peserta, Faiz Rafi dari SMAN 3 Yogyakarta, mengaku membuat roket air susah-susah gampang. Karena ukuran harus sesuai agar roket meluncur dengan bagus. Bagi dia dan timnya, membuat dan meluncurkan roket air menyenangkan.

"Seru roket air itu. Buatnya memang susah-susah gampang. Ukuranya harus tepat," kata Faiz Rafi.

Kepala Bidang Taman Pintar Yogyakarta, Afia Rosdiana, mengatakan total peserta kontes air sebanyak 361 tim dari SMP dan SMA di DIY, Jateng dan sekitarnya. Terdiri dari 250 tim tingkat SMP/MTs dan 111 tim tingkat SMA/SMK/MA. Jumlah peserta meningkat 34% dibanding tahun lalu.

"Kontes ini untuk mengenalkan teknologi kedirgantaraan pada siswa dan masyarakat. Kontes ini juga ada keberlanjutanya di tingkat nasional dan internasional," kata Afia Rosdiana.

Selain kontes roket air juga digelar science expo yang diikuti peserta siswa dari SD, SMP sampai SMA. Science expo ini merupakan pameran hasil penelitian pelajar dan mahasiswa yang menampilkan 46 stand.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed