DetikNews
Jumat 08 September 2017, 18:20 WIB

Tak Terima Disebut Desa Pengemis, Warga Grinting Lapor Polisi

Imam Suripto - detikNews
Tak Terima Disebut Desa Pengemis, Warga Grinting Lapor Polisi Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Ratusan warga Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes mendatangi kantor desa setempat. Mereka mendesak Kepala Desa Grinting agar segera melaporkan tiga pemilik akun FB yang dianggap telah menghina dan melecehkan Desa Grinting dengan sebutan desa pengemis.

Warga mengaku tidak terima jika desanya diejek dan dicap sebagai kampung pengemis. Mereka meminta pihak desa melaporkan tiga akun facebook itu ke polisi.

"Kami warga Grinting menolak keras anggapan sebagian masyarakat jika desanya dicap sebagai kampung pengemis," ujar Ismail Fuad, salah seorang warga Desa Grinting.

Selama ini kata dia, Desa Grinting selalu identik sebagai desa pengemis. Padahal, itu tidak benar. Kemajuan Desa Grinting saat ini sangat pesat, dan pertumbuhan ekonominya juga baik. Dengan begitu sudah tidak ada lagi warga yang mengemis seperti anggapan orang selama ini.

Tokoh masyarakat desa yang juga anggota DPRD Brebes, Wamadiharjo Susanto menyatakan, postingan yang menyebut Desa Grinting sebagai desa pengemis membuat warga sakit hati. Belum lama ini menurut Wamad, ada beberapa nama akun facebook yang menulis Desa Grinting sebagai kampung pengemis.

Postingan di FB yang diprotes warga GrintingPostingan di FB yang diprotes warga Grinting Foto: Imam Suripto/detikcom

"Banyak anggapan sebagai desa pengemis, padahal itu keliru. Kita sudah berusaha melakukan perbaikkan di desa dan hasilnya banyak prestasi yang diraih oleh warga Grinting," kata Wamad.

Atas hinaan yang beredar di medsos ini, Wamad dan warga desa lain akan melaporkan pemilik tiga akun FB, masing masing Bagus Berani Mati, Rama Patih dan Tri Oktaviani.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Grinting, Suhartono membantah keras jika ada anggapan desanya sebagai kampung penghasil pengemis. Alasannya, pertumbuhan ekonomi masyarakat Grinting semakin hari semakin membaik.

Selain memiliki lahan pertanian dan tambak yang luas, masyarakat Desa Grinting juga memiliki puluhan UMKM yang telah maju, "Akibat hinaan di medsos ini rakyat Grinting marah termasuk saya sendiri. Warga mendesak saya agar tiga akun FB ini dilaporkan ke polisi," tegas Suhartono.

Menanggapi laporan warga, pihak kepolisian berjanji akan menindaklanjuti masalah ini. Polisi akan menyelidiki tiga akun FB yang dilaporkan warga untuk mengetahui pemiliknya. "Kami akan melakukan tindaklanjut secara proporsional terhadap aduan warga," kata Kompol Supriyadim Kabag Ops Polres Brebes.



(bgk/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed