ADVERTISEMENT

21 Hewan Kurban di Kota Yogya Terjangkit Cacing Hati

Usman Hadi - detikNews
Jumat, 01 Sep 2017 16:03 WIB
Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogya mencatat, hari ini hiingga pukul 13.00 WIB menemukan 21 hewan kurban terjangkit cacing hati. Sebanyak 21 hewan jenis sapi ini ditemukan di beberapa kecamatan.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto mengatakan, temuan ini ada yang terkena cacing hati total dan ada yang parsial. Untuk temuan cacing hati yang total maka hati hewan kurban tersebut secara utuh harus dibuang. Sedangkan yang persial bisa disiasati dibuang sebagian dan sebagian lagi tidak.

"Data yang diterima sampai pukul 13.00 WIB ada 21 temuan cacing hati di Kota Yogya. Yang kena (cacing hati) total, kami sarankan hatinya utuh dikubur, tidak dibuang ke sungai," kata Sugeng saat ditemui di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), Giwangan, Umbulharjo, Jumat (1/9/2017).

Sugeng mengatakan temuan itu diantaranya di Kecamatan Umbulharjo sebanyak 13 sapi, Pakualaman 4 sapi, Wirobrajan 2 sapi dan Ngampilan 2 sapi.

Menurutnya pendeteksian hewan kurban yang terjangkit cacing hati susah dipantau. Sebab secara kasat mata biasanya hewan kurban tersebut sehat. Namun setelah disembelih dan dicek, baru diketahui hewan kurban tersebut terjangkit cacing hati.

"Setelah di sembelih baru kelihatan (terjangkit cacing hati). Kalau (hati ada cacingnya) dikonsumsi, orang tersebut bisa terkontaminasi penyakit yang sama. Bisa menjadi penyebab perpindahan penyakit dari hewan ke manusia," ungkapnya.

Sugeng mengaku, kendala yang dihadapi dinas mendeteksi cacing hati, yakni karena panitia hewan kurban tidak memeriksakan hewannya sebelum disembelih. Baru setelah disembelih, hewan kurban itu diperiksakan kepada petugas.

"Biasanya tidak diperiksakan terlebih dahulu, setelah salat Idul Adha, hewan kurbannya langsung disembelih. Setelah disembelih baru diperiksakan kepada petugas dan baru diketahui," tuturnya.

Dia menambahkan saat ini petugas masih melakukan pendataan. Ada kemungkinan jumlah hewan kurban yang terjangkit cacing hati di Kota Yogya bisa bertambah.

Meski ditemukan hewan kurban terjangkit cacing hati, Sugeng meminta masyarakat tidak khawatir. Sebab daging hewan tersebut masih bisa dikonsumsi, hanya bagian hati yang terjangkit cacing saja yang tidak boleh dikonsumsi. "Daging (hewan kurban) masih boleh dikonsumsi," tutupnya.



(bgs/bgs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT