Ribuan Umat Islam Salat Idul Adha di 'Padang Pasir' Bantul

Edzan Raharjo - detikNews
Jumat, 01 Sep 2017 11:05 WIB
Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Bantul - Ribuan umat Islam di Bantul melakukan salat idul Adha di kawasan gumuk pasir di Parangtritis, Kecamatan Kretek. Salat Idul Adha di tempat ini seperti di kawasan Timur Tengah hanya hamparan pasir dan sedikit pepohonan.

Ribuan jemaah berdatangan sejak pagi dari berbagai dusun di Kecamatan Kretek yang terletak tidak jauh dari obyek wisata Pantai Panrangtiris. Selain warga setempat, ada juga warga dari desa dan kecamatan lain yang ikut salat idul Adha di tempat itu.

Panitia pelaksanaan salat Idul Adha di Gumuk Pasir, Khudori, mengatakan salat Idul Adha di Gumuk Pasir dipilih karena tempat yang luas sehingga bisa menampung ribuan jamaah. Hamparan pasir yang luas, bersih dan indah ini diharapkan bisa menambah kekhusyukan jamaah.

"Idul Adha, Idul Fitri kiblatnya ada di Mekkah dan di Mekkah kan kebanyakan padang pasir, dan ini seakan-akan seperti disana," kata Khudhori seusai salat Idul Adha di Gumuk Pasir Parangtritis, Bantul.
salat Idul Adha di gumuk pasir di Bantulsalat Idul Adha di gumuk pasir di Bantul Foto: Edzan Raharjo/detikcom


Bupati Bantul, Suharsono juga ikut salat di tempat itu. Dia mengaku baru pertama kalinya mengikuti salat Idul Adha di Gumuk Pasir ini. Suasana di lokasi Gumuk Pasir ini dinilainya sangat bagus dan merakyat.

"Baru sekali ini saya, kesanya bagus, lebih merakyat. Pemandanganya sangat bagus," kata Suharsono usai salat Idul Adha. (bgs/bgs)