DetikNews
Senin 28 Agustus 2017, 18:00 WIB

4 Petani Diperiksa Polisi Terkait Bibit Wortel Ilegal Asal China

Uje Hartono - detikNews
4 Petani Diperiksa Polisi Terkait Bibit Wortel Ilegal Asal China Wortel dari bibit ilegal asal China. Foto: Uje Hartono
Banjarnegara - Polres Banjarnegara terus memantau keberadaan wortel yang ditanam petani dari bibit ilegal asal China. Hingga saat ini sudah 4 petani di Banjarnegara diperiksa polisi terkait keberadaan bibit tersebut.

"Sedangkan 4 petani sudah kami panggil sebagai saksi," ujar Kapolres Banjarnnegara AKBP Nona Pricillia Ohei dalam jumpa pers di sebuah posko warga, Banjarnegara, Senin (28/8/2017).

Menurutnya, petani sudah sempat memanen 3,5 ton wortel yang dikirim ke Surabaya. Sementara untuk distributor saat ini sudah diamankan oleh Mabes Polri.

Saat ditanya kerugian petani dari kasus ini, Nona menjelaskan nantinya akan dihitung dengan luasan lahan warga yang ditanami wortel. Sebab, para petani tidak membeli bibit namun bekerjasama dengan cara memberikan lahan untuk ditanami wortel.

"Jadi nanti yang akan membeli wortel juga orang yang memberikan bibit tersebut. Petani hanya lahan dan perawatan tanaman," terangnya.

Untuk kepastian kapan hasil uji laboratorium, Nona belum bisa memastikan. Sebab, uji laboratorium langsung dilakukan oleh Mabes Polri. Uji laboratorium ini dilakukan karena polisi mengungkap ada kabar yang menyatakan bahwa wortel dari bibit ilegal ini mengandung zat berbahaya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed