DetikNews
Minggu 20 Agustus 2017, 19:56 WIB

Pembuat Batu Bata di Banjarnegara Temukan 29 Granat

Uje Hartono - detikNews
Pembuat Batu Bata di Banjarnegara Temukan 29 Granat Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Warga Banjarnegara, Jawa Tengah menemukan 29 granat. Benda tersebut ditemukan saat menggali tanah untuk membuat batu bata.

Granat yang diperkirakan merupakan zaman peninggalan Belanda atau Jepang itu berbentuk tabung kecil. Granat itu ditemukan di pakarangan rumah milik Riyanto (53), warga Desa Kebanaran Kecamatan Mandiraja. Granat itu berjumlah 29 buah ini diduga granat jenis tabung.

Kapolres Banjarnegara AKBP Nona Precillia Ohei mengatakanl benda tersebut ditemukan warga saat menggali tanah untuk membuat batu bata. Saat itu, warga yang curiga dengan gumpalan tanah yang ada besi berkarat. Warga kemudian melaporkan temuan benda tersebut kepada pemerintah desa setempat.

"Penemuannya pada hari Sabtu, saat Riyanto tengah menggali tanah di pekarangan untuk membuat batu bata. Kemudian ada benda aneh, setelah digali lagi terkumpul ada 29 buah benda yang diduga granat," katanya.

Baru kemudian pada hari Minggu (20/8/2017) dilaporkan ke polisi melalui Polsek Mandiraja. Untuk pengecekan dan memastikan aktif tidaknya benda itu, polisi langsung mendatangkan tim Gegana dari Purwokerto.

Saat ini, tiga benda tersebut dibawa ke Purwokerto untuk dilakukan penyelidikan lebih jauh. Sedangkan sisanya, masih diamankan di Polsek Mandiraja.

"Sudah kami buka dan isinya berupa serbuk. Saat ini semua isinya sudah kami bakar. Sisanya yang ada di Polsek tinggal tempatnya saja jadi tidak membahayakan," jelas dia.

Dia menambahkan granat tersebut kemungkinan adalah peninggalan jaman Belanda atau Jepang. Bila ada warga yang menemukan benda mencurigakan di dalam tanah untuk segera melaporkan kepada polisi.


  • Pembuat Batu Bata di Banjarnegara Temukan 29 Granat
    Foto: Uje Hartono/detikcom
  • Pembuat Batu Bata di Banjarnegara Temukan 29 Granat
    Foto: Uje Hartono/detikcom

(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed