Niken yang Lumpuh Pasca Imunisasi MR Kangen Sekolah Lagi

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 18 Agu 2017 12:11 WIB
Kondisi terkini Niken Angelia. Foto: Angling Adhitya Purbaya
Semarang - Niken Angelia, siswi SMPN 4 Demak, Jawa Tengah yang lemas bagian tubuh bawahnya setelah imunisasi Measles Rubella (MR) kini rindu bersekolah. Sudah 2 pekan ia tidak bertemu teman-temannya di sekolah.

"Iya ingin sekolah, sudah kangen," kata Niken lirih saat dikunjungi di Bangsal Anak RSUP dr Kariadi Semarang, Jumat (18/8/2017).

Niken memang malu-malu saat ditanya, termasuk ketika berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang datang menjenguknya. Siswi kelas 7 SMP itu ingin sekolah lagi dan menggapai cita-citanya menjadi guru agama.

"Ingin jadi guru agama," ujar Niken saat ditanya Ganjar soal cita-cita.

Ganjar juga ditunjukkan kondisi Niken yang membaik. Kaki Niken yang tertutup selimut digerak-gerakkan menandakan kondisi yang tadinya lumpuh sudah berangsur baik.

"Oh sudah bisa gerak, Alhamdulillah," kata Ganjar.

Ibu Niken, Yuli Suryaningsih mengatakan kondisi anak pertamanya membaik. Namun saat ini pinggul Niken belum kuat menopang sehingga Niken belum bisa duduk.

"Belum bisa duduk, masih sakit. Alhamdulillah sudah ada perkembangan. Makan sudah banyak," kata Yuli.

Untuk diketahui Niken mendapatkan imunisasi MR di sekolahnya bersama ratusan siswa lainnya pada tanggal 2 Agustus 2017 lalu. Sorenya Niken merasa bagian pinggang ke bawah lemas dan akhirnya harus dibawa ke RSI NU Demak pada 12 Agustus 2017 lalu.

Ia sempat dirujuk ke RSUD Sunan Kalijaga, namun karena tidak bisa menangani, dirujuk kembali ke RSUP dr Kariadi Semarang. Di Semarang, dokter dari berbagai bidang melakukan penelusuran dan pemeriksaan.

Menurut tim dokter, apa yang dialami Niken tidak berhubungan dengan imunisasi melainkan penyakit bawaan. Hingga saat ini penanganan masih dilakukan tapi belum diketahui kapan Niken bisa pulang dan kembali sekolah.

"Untuk pulangnya kapan, kita lihat dulu paling tidak bisa duduk mandiri. Ini kan sama sekali belum," tandas Konsultan Spesialis Anak RSUP dr Kariadi Semarang, dr Wistiani. (alg/sip)