DetikNews
Jumat 18 Agustus 2017, 11:54 WIB

Jenguk Niken, Ganjar Pesan Orangtua Tak Takut Anaknya Diimunisasi

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jenguk Niken, Ganjar Pesan Orangtua Tak Takut Anaknya Diimunisasi Ganjar Pranowo menjenguk Niken Angelia. Foto: Angling Adhitya Purbaya
Semarang - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengimbau kepada para orangtua agar tidak khawatir dan ragu untuk mengimunisasikan anaknya. Pesan ini disampaikan Ganjar usai menjenguk Niken Angelia yang sempat lumpuh usai imunisasi campak dan rubella (MR).

Ganjar menyempatkan menjenguk siswi SMPN 4 Demak ini di RSUP dr Kariadi Semarang. Setelah melihat langsung kondisi Niken dan mendapat penjelasan dokter, Ganjar mengatakan masyarakat sebaiknya tidak menghakimi peristiwa yang dialami Niken diakibatkan karena imunisasi.

"Jangan sampai kemudian orang buat judgment itu karena imunisasi. Tidak ada, (kelumpuhan Niken) itu bawaan sebelumnya, maka kita rawat," kata Ganjar di RSUP dr Kariadi Semarang, Jumat (18/8/2017).

Dalam kasus yang dialami Niken, lanjut Ganjar, tidak ada siswa SMPN 4 Demak lainnya yang mengalami hal serupa. Padahal imunisasi yang diberikan sama. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Kipi) kerap dialami anak dengan kondisi berbeda, namun yang dialami Niken merupakan penyakit bawaan.

"Jangan takut! Imunisasi itu penting, kalau tidak ya nggak sehat-sehat. Ada Kipi, itu pasti, ada SOP dan penanganan kita serahkan ke ahlinya," tandas Ganjar.

Konsultan Spesialis Anak RSUP dr Kariadi Semarang, dr Wistiani menambahkan kini kondisi Niken sudah membaik dan bisa menggerakkan kaki serta tungkainya meski belum bisa duduk.

"Ketika dilakukan penelusuran, ternyata terbukti tidak ada hubungan kelemahan tungkai dengan imunisasi. Anak ini memang ada kelemahan kedua tungkai sejak kecil," terang Wistiani.

Menurut Wistiani, Kipi memang kerap terjadi, itu pun sementara, seperti bengkak karena posisi saat menyuntik pasien bergerak. Sedangkan untuk pasien yang memiliki penyakit bawaan atau sedang sakit, sebaiknya disampaikan kepada dokter sebelum imunisasi.

"Kalau mau diimunisai, anak kondisi sehat tidak demam. Kalau ada hal-hal yang membuat ibu cemas, tanyakan ke dokter. Misal punya penyakit kronis, bisa diberitahukan ke petugas atau konsultasi dulu," terang Wistiani.

Untuk diketahui, hari ini Ganjar menjenguk Niken yang berada di bangsal anak. Niken menunjukkan kepada Ganjar kondisinya yang mulai membaik. Ia menggoyangkan kakinya yang tertutup selimut. Meski begitu, Niken masih belum bisa duduk karena pinggulnya belum kuat.
(alg/sip)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed