DetikNews
Kamis 17 Agustus 2017, 11:16 WIB

Puluhan Pemuda di Rembang Gelar Upacara Bendera di Laut

Arif Syaefudin - detikNews
Puluhan Pemuda di Rembang Gelar Upacara Bendera di Laut Pemuda Rembang gelar upacara di laut. Foto: Arif Syaefudin
FOKUS BERITA: HUT RI ke-72
Rembang - Memperingati HUT ke 72 Kemerdekaan Republik Indonesia, puluhan pemuda asal Desa Tritunggal Kecamatan kota Rembang menggelar upacara di tengah laut. Tepatnya di perairan Pulau Siwalan yang berada di sebelah utara Desa Tritunggal.

Berjarak sekitar 1,5 kilometer dari bibir pantai, puluhan pemuda ini berangkat menaiki kapal. Membawa belasan bendera untuk dikibarkan.

Upacara berlangsung layaknya pelaksanaan upacara kemerdekaan pada umumnya. Kepala Desa Tritunggal, Zuhri, menjadi pembina upacara, sedangkan naskah proklamasi dibacakan oleh pelaksana harian Kelompok Kerja Mangrove Daerah, Maemun Abdul Hanan.
Upacara digelar di laut yang berjarak 1,5 km dari bibir pantai. Upacara digelar di laut yang berjarak 1,5 km dari bibir pantai. Foto: Arif Syaefudin
Kepada wartawan, Kepala Desa Tritunggal, Zuhri menjelaskan upacara tersebut sejatinya dilaksanakan secara spontanitas. Dipilihnya lokasi di tengah laut, untuk memaknai bahwa Indonesia merupakan negara maritim.

"Indonesia merupakan negara maritim, terlebih Rembang juga memiliki garis pantai yang panjang," ungkapnya, Kamis (17/8/17).

Lebih lanjut ia menerangkan, tak sedikit para pejuang pahlawan Indonesia yang berlatar belakang seorang pelaut. Kemerdekaan yang diraih NKRI, juga merupakan bagian jasa dari para pelaut pribumi.

Sementara itu, Maemun yang juga merupakan aktivis lingkungan mengapresiasi kegiatan yang digelar tersebut. Menurutnya, ekosistem laut dan pantai saat ini mulai terusik dengan berbagai ancaman. Ia meminta agar warga Indonesia turut melestarikan ekosistem laut, utamanya di Rembang yang memiliki segudang potensi yang layak dikembangkan.

"Demi kebutuhan pariwisata, ekosistem laut secara tidak langsung mendapatkan tekanan. Oleh karena itu, bagaimana caranya agar keduanya bisa saling menguntungkan," ungkapnya.
(sip/sip)
FOKUS BERITA: HUT RI ke-72
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed