DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 19:54 WIB

Jelang HUT RI, Percetakan Spanduk dan Kaos Ikut Kecipratan Rezeki

Rinto Heksantoro - detikNews
Jelang HUT RI, Percetakan Spanduk dan Kaos Ikut Kecipratan Rezeki Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72, usaha percetakan dan kaos banjir order. Tak terkecuali di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah juga ikut kecipratan rezeki tahunan itu.

Para pengusaha jasa juga merasakan meningkatnya pemesanan spanduk, kaos maupun berbagi atribut untuk acara 17 Agustus. Banyak konsumen yang memesan berbagai pernak-pernik tersebut. Omset pun meningkat dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya.

Mereka sampai kewalahan untuk mengerjakan agar selesai sebelum tanggal 17 Agustus yang tinggal beberapa hari lagi. Bahkan ada yang sampai menolak khawatir pesanan tidak terselesaikan tepat waktu.

"Lumayan capek kejar pesanan agar tepat waktu. Kebanykan pesanan spanduk, poster dan kaos," kata Adhy salah satu pengusaha jasa percetakan Minggu (13/8/2017).

Dia mengatakan meningkatkan jumlah pesanan sudah diprediksi sebelumnya. Peningkatan itu sudah terlihat sejak akhir bulan Juli hingga awal bulan Agustus. Pesanan meningkat 4 hingga 5 kali lipat dari hari biasanya. Meski demikian pihaknya tidak menaikkan harga.

"Harga tetap Rp 16.000/meter tidak ada kenaikan untuk spanduk. Sedangkan untuk kaos bervariasi tergantung kualitas bahan, rata-rata Rp 40 ribuan sudah full design," katanya.

Pesanan itu bisa meningkat 4 hingga 5 kali lipat dari hari biasanya.

Sementara itu, David salah satu pemilik usaha Digital Printing di Jl. Brigjend Katamso Purworejo mengatakan order untuk acara 17 Agustus terus meningkat dibandingkan sebelumnya.

hal yang sama, ia akui ketika menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus pesanan konsumen selalu naik. Pesanan untuk digitak printing ukuran besar untuk poster dan baliho juga mengalami peningkatan.

"Untuk Agustus memang spesial, order meningkat tapi itu memang momentum penting bagi Bangsa Indonesia, yakni merayakan hari kemerdekaan Indonesia," katanya.
  • Jelang HUT RI, Percetakan Spanduk dan Kaos Ikut Kecipratan Rezeki
    Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
  • Jelang HUT RI, Percetakan Spanduk dan Kaos Ikut Kecipratan Rezeki
    Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed