DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 10:03 WIB

Jalan Tol Terindah Se-Indonesia Dipenuhi Pesepeda dan Pelari

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jalan Tol Terindah Se-Indonesia Dipenuhi Pesepeda dan Pelari Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
semarang - Ruas tol Semarang-Salatiga di Jawa Tengah dikenal sebagai tol panoramik karena memiliki pemandangan yang indah. Pada hari Minggu pagi, tepatnya di ruas Bawen-Salatiga tidak dipenuhi mobil. Namun jalan tol tersebut dipenuhi sepeda dan ribuan orang jalan sehat.

Khusus hari ini dan mungkin untuk pertama dan terakhir kalinya festival sepeda dan jalan sehat digelar di tol terindah se-Indonesia itu. Ada sekitar 4.500 orang yang berpartisipasi. Acara juga dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Kelas gowes yang diikuti ribuan peserta itu dibagi menjadi dua yaitu fun bike 22,7 km dan 35 km. Selain itu juga ada fun walk dan run sejauh 5 km. Lokasi start dan finish berada di gerbang tol yang viral beberapa waktu karena pemandangan gunung Merbabu, yaitu gerbang tol Salatiga.

Menteri Basuki, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Dirut Jasa Marga, Desi Arryani membuka fun bike dan fun walk di garis start pukul 06.40 WIB. Bahkan saat pelepasan pesepeda, Ganjar dan istri segera berlari mengambil sepeda dan memimpin rombongan.

"Hati-hati di jalan semuanya," kata Menteri Basuki melepas peserta.

"Ini adalah tol terindah se-Indonesia," imbuh Ganjar diikuti tepuk tangan peserta.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan panggung hiburan dan sajian kuliner khas Jawa Tengah. Selain itu ada juga bakti sosial dan pemberian 3.655 bibit pohon rambutan untuk masyarakat Kabupaten Semarang.

"Kita berterimakasih kepada masyarakat terutama yang tanahnya dibebaskan. Masyarakat kan tahu di sini viral dan indah," kata Desi Arryani.

Acara yang digelar di tol sepanjang 17,6 km itu diprakarsai oleh PT Trans Marga bekerjasama dengan Kementrian PUPR untuk menyambut HUT RI ke-72. Kemeriahan itu juga untuk menyambut peresmian tol Bawen-Salatiga yang rencananya dilakukan akhir Agustus ini.

  • Jalan Tol Terindah Se-Indonesia Dipenuhi Pesepeda dan Pelari
    Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
  • Jalan Tol Terindah Se-Indonesia Dipenuhi Pesepeda dan Pelari
    Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
  • Jalan Tol Terindah Se-Indonesia Dipenuhi Pesepeda dan Pelari
    Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

(alg/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed