DetikNews
Sabtu 12 Agustus 2017, 22:52 WIB

Bupati Puncak: Terimakasih, Sekarang Semen Sudah Rp 1.050.000/Sak

Usman Hadi - detikNews
Bupati Puncak: Terimakasih, Sekarang Semen Sudah Rp 1.050.000/Sak Menhub Budi Karya Sumadi berkunjung ke Ilaga (Foto: Bisma Alief/detikcom)
Gunungkidul - Bupati Puncak, Papua, Willem Wandik, hadir di acara sosialisasi 'Sinergi Membangun Bangsa' di Bangsal Sewokoprojo, Gunungkidul. Dia berterimakasih kepada Pemerintah karena sekarang harga semen telah mancapai Rp 1.050.000/sak. Sebelumnya berapa?

Wandik menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat karena setelah ada Bandara Ilaga di Kabupaten Puncak, kini sejumlah perubahan mulai dirasakan masyarakat.

"Saya atas nama masyarakat Papua menyampaikan terimakasih ke Pemerintah. Kami bangga karena sudah cukup lama menanti. Harga BBM di Puncak dan daerah pegunungan dulunya Rp 50 ribu/liter, kalau lagi langka menjadi Rp 100 ribu/liter. Sekarang sudah satu harga (dengan Jawa)," ujarnya, Sabtu (12/8/2017).

Willem melanjutkan, selain BBM harga semen di Kabupaten Puncak Papua juga turun drastis. Sebelumnya harga semen bisa sampai Rp 2.500.000/sak, kini harganya sudah menjadi Rp 1.050.000/sak.

Menurut Willem, semakin banyaknya transportasi masuk ke Kabupaten Puncak Papua, dia optimis akan terjadi penurunan harga kebutuhan pokok.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa prioritas pembangunan saat ini memang fokus membuka daerah-daerah terpencil dan terluar.

Penangangan kawasan Papua misalnya, letaknya memang berada di wilayah pegunungan yang selama ini sulit dijangkau. Banyak wilayah di Papua sangat bergantung pada konektivitas transportasi udara.

"Kita lihat masyarakat di pegunungan Papua itu hidupnya sangat bergantung koneksitas transportasi udara. Oleh karenanya Kemenhub membangun sejumlah bandara, supaya mereka merasakan kemerdekaan yang sama seperti masyarakat lain di pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan," ucapnya.

"Sekarang harga BBM di Papua bisa dijangkau dengan harga Rp 6.500/liter. Selanjutnya Pemerintah masih terus mengupayakan harga bahan pokok turun," lanjutnya.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed