DetikNews
Sabtu 12 Agustus 2017, 14:44 WIB

KRI Suharso-990 Angkut 160 Istri Anggota TNI AL ke Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
KRI Suharso-990 Angkut 160 Istri Anggota TNI AL ke Semarang Sunata massal yang digelar oleh Jalasenastri. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - Kapal perang KRI Suharso-990 merapat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Namun bukan membawa pasukan perang, kapal itu mengangkut 160 istri anggota TNI AL. Kapal tersebut tersebut juga membawa barang-barang bawaan para istri tentara.

Rombongan dipimpin Ketua Jalasenastri (perkumpulan istri anggota TNI AL), Endah Ade Supandi, yang merupakan istri KASAL Laksamana Ade Supandi. Setelah mendarat di Pelabuhan Tanjung Emas, mereka menuju lokasi pertama kegiatan.

"Kita tadi datang pakai kapal perang. Bersyukur bisa bersandar dengan selamat," kata Endah di tengah acara, Sabtu (12/8/2017) siang.

Tujuan pertama adalah penanaman mangrove di Tambaklorok. Usai menanam mangrove, lokasi selanjutnya yaitu SD Islam Taqwiyatul Waton Tambaklorok untuk berbagai kegiatan bakti sosial TNI AL dan Jalasenastri 2017 dengan tema peduli masyarakat pesisir.

Berbagai kegiatan dilakukan mulai dari periksa kesehatan gratis, sunatan massal, pembagian sembako, bahkan bedah rumah untuk 4 warga yang memiliki rumah tidak layak huni.

"Selain edukasi, juga berikan bantuan di Desa Tambaklorok. Tempat ini juga akan dicanangkan oleh Pak Presiden sebagai kampung bahari. Cocok, kegiatan TNI AL dan Jalasenastri ingikan punya kontribusi," tandasnya

KRI Suharso-990 Angkut 160 Istri Anggota TNI AL ke SemarangFoto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

Ratusan warga pun datang mengantre untuk berobat dan mengambil sembako. Anak-anak laki-lali pun duduk rapi menunggu giliran sunat yang dilakukan oleh dokter dari TNI AL.

Acara tersebut tidak hanya melibatkan TNI AL namun juga berbagai perusahaan sehingga bantuan yang diberikan cukup banyak. Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Semarang, Kolonel Laut (p) Hanarko Djodi Pamungkas, mengatakan kegiatan itu menyasar daerah pesisir untuk penyaluran bantuan.

"Mari kita lihat ke pesisir. Ini juga memberikan ajakan," tandasnya.

Terkait penanaman mangrove yang dilakukan, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, yang hadir di lokasi memberikan ucapan terimakih atas perhatian yang diberikan.

Para istri TNI AL itu tidak hanya berhenti di Semarang, mereka akan kembali naik KRI Suharso-990 menujut Surabaya dan akan melakukan kegiatan serupa di sana.
(alg/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed