Tiket Masuk Museum Keris Nusantara di Solo Gratis Sampai 31 Agustus

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 10 Agu 2017 15:46 WIB
Museum Keris Nusantara Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, tiket masuk Museum Keris Nusantara saat ini digratiskan. Pembebasan biaya tiket masuk berlaku hingga 31 Agustus 2017.

"Mulai diresmikan kemarin sampai 31 Agustus gratis. Anggap saja ini bonus kemerdekaan. Mulai September bayar, karena untuk perawatan keris ini biayanya besar," ungkap Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo di Balai Kota Surakarta, Kamis (10/8/2017).

Museum libur setiap hari Senin. Kecuali hari Jumat, museum buka mulai pukul 09.00-15.00 WIB. Sedangkan Jumat buka pukul 09.00-11.30 WIB.

Pengunjung bisa memperoleh banyak pengetahuan tentang keris mulai menginjakkan kaki di lantai satu. Selain sebagai ruang administrasi, terdapat ruang audio visual untuk pemutaran film tentang keris.

Pada lantai dua dan tiga, terdapat ruang pameran keris dan diorama tentang pembuatan keris. Selain itu, terdapat pula perpustakaan.

Di lantai teratas, pengunjung bisa menikmati bagian utama museum yang menyimpan keris-keris bernilai tinggi dan senjata tradisional Nusantara.

Di luar bangunan utama, terdapat kompleks perkantoran UPT Museum Dinas Kebudayaan. Di bagian belakang, terdapat pendopo yang digunakan sebagai tempat workshop pembuatan keris.

Kepala UPT Museum Dinas Kebudayaan, Bambang MBS, mengatakan tiket masuk yang dikenakan nanti antara Rp 6 ribu hingga Rp 20 ribu.

"Rp 6 ribu itu untuk pelajar. Rp 15 ribu untuk umum. Rp 20 ribu untuk turis asing. Itu untuk biaya macam-macam. Satu bulan itu kita perkirakan habis Rp 20 juta," ungkap Bambang.

Adapun Museum Keris Nusantara telah dibangun sejak 2013. Pendanaannya berasal dari APBN tahun 2013, 2014, 2015, APBD 2016 dan hibah masyarakat. Total dana yang dihabiskan mencapai Rp 25 miliar. (sip/sip)