DetikNews
Kamis 03 Agustus 2017, 16:22 WIB

Pasar Imogiri Diajukan Jadi Pasar Pertama di DIY Berstandar SNI

Usman Hadi - detikNews
Pasar Imogiri Diajukan Jadi Pasar Pertama di DIY Berstandar SNI Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - Pasar Imogiri merupakan salah satu pasar tradisional di Bantul sudah 7 kali memperoleh predikat juara pasar bersih tingkat kabupaten. Pasar ini pertama kali di DIY yang diajukan menjadi pasar yang menyandang Standar Nasional Indonesia (SNI).

Namun standarisasi SNI di Pasar Imogiri, diupayakan tetap bertumpu pada kearifan lokal masyarakat.

"Pasar Imogiri ini adalah satu-satunya pasar (tradisional) di DIY yang akan diaudit untuk mendapatkan SNI," katar Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Chandrini Mestika Dewi, di Pasar Imogiri, Bantul, Kamis (3/8/2017).

Kedatangan Chandrini ke Pasar Imogiri untuk melakukan pendampingan tahap ketiga, proses sertifikasi SNI di pasar tersebut. Pasar Imogiri sudah memenuhi persyaratan umum, teknis, pengelolaan maupun fasilitas. Kini prosesnya tinggal menunggu hasil tim auditor.

"Tinggal auditor yang menilai," ungkapnya.

Menurut dia kearifan lokal yang dipertahankan di Pasar Imogiri diharapkan dapat menjadi contoh pasar tradisional lain. Dengan demikian standarisasi pasar tradisional tidak melulu dimaknai sebagai upaya memodernisasi pasar.

"Harapan kami standarisasi (pasar tradisional) tidak mematikan kearifan lokal," katanya.

Dia mengatakan proses standarisasi SNI yang dilakukan di Pasar Imogiri, bukan karena pasar tradisional ini dipilih oleh kementerian. Namun karena pemerintah daerah mengajukan, agar pasar tersebut diproses supaya berstandar SNI.

"Jadi bukan kami yang mendorong," paparnya.

Kepala Seksi Sarana Prasarana dan Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Besari Sulistyowati menambahkan, diajukannya Pasar Imogiri karena sebelumnya pasar ini sudah 7 kali juara pasar bersih tingkat kabupaten. Sehingga bila berhasil menyandang SNI, diharapkan pasar ini bisa menjadi pasar percontohan.

"Harapan kami Pasar Imogiri bisa lolos SNI, dan bisa menjadi pasar percontohan," pungkasnya.
  • Pasar Imogiri Diajukan Jadi Pasar Pertama di DIY Berstandar SNI
    Foto: Usman Hadi/detikcom
  • Pasar Imogiri Diajukan Jadi Pasar Pertama di DIY Berstandar SNI
    Foto: AN Uyung Pramudiarja

(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed