detikNews
Kamis 03 Agustus 2017, 14:44 WIB

Balita Dianiaya adalah Kasus Kekerasan Anak Paling Menonjol di DIY

Edzan Raharjo - detikNews
Balita Dianiaya adalah Kasus Kekerasan Anak Paling Menonjol di DIY Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Secara umum kasus kekerasan terhadap anak menurun di wilayah DIY. Namun ada satu kekerasan anak yang paling menonjol yakni kasus penganiayaan balita oleh majikan di Bantul.

Hal itu diungkapkan Kapolda DIY Brigjen Pol. Ahmad Dofiri seusai Peringatan Hari Anak Nasional di Monumen Serangan Oemoem (SO) 1 Maret 1949 di Yogyakarta, Kamis (3/8/2017)

"Kalau yang paling menonjol itu kekerasan terhadap anak yang dilakukan majikannya di masukkan ke mesin cuci di Bantul," ungkap Dofiri.

Untuk kasus kekerasan yang terjadi di akhir tahun 2016 lalu, pelaku sudah divonis. Pelaku yang saat ini menjalani hukuman di Bantun telah di hukum 5 tahun. Namun pelaku melakukan banding.

"Itu yang paling menonjol, kalau yang lainya sementara kita belum ada," katanya.

Dia menambahkan secara umum untuk kasus kekerasan yang menimpa anak di DIY menurun. Namun hanya ada satu kasus kekerasan terhadap anak di DIY yang paling menonjol adalah yang terjadi di Bantul.

Sementara itu Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X dalam acara itu mengatakan yang menjadi catatan saat ini adalah justru diusia anak-anak mudah dimasuki paham-paham yang bertentangan dengan ideologi bangsa.

"Kalau kita lihat kasus intoleransi, radikalisme, itu keprihatinannya adalah justru terjadi pada usia dini. Dimulai dari anak SMP yang sudah mulai dari kejadian klitih dan lain sebagainya," kata Paku Alam X.

Pada puncak peringatan Hari Anak Nasional itu selain dihadiri Wakil Gubernur, Paku Alam X dan Kapolda DIY Brigjen Ahmad Dofiri juga dihadiri permaisuri Keraton Yogyakarta yang juga anggota DPD RI, GKR Hemas. Mereka bersama-sama membuka payung berwarna merah-putih.

Provinsi DIY menerima penghargaan sebagai 10 besar provinsi yang berhasil mendorong peningkatan Kabupaten/Kota Layak Anak. Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Susana Yembise dan diterima oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X beberapa waktu lalu di Riau.

Semua kabupaten/kota se-DIY mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak dengan rincian Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta kategori Nindya, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulon Progo mendapat kategori Madya. Kota Yogya juga mendapatkan penghargaan sebagai kota yang melakukan percepatan pembuatan akte kelahiran serta pendorong pengembang Forum Anak. Sedangkan Gunungkidul sebagai kabupaten yang sudah mengembangkan pencegahan perkawinan usia anak.
  • Balita Dianiaya adalah Kasus Kekerasan Anak Paling Menonjol di DIY
    Foto: Edzan Raharjo/detikcom
  • Balita Dianiaya adalah Kasus Kekerasan Anak Paling Menonjol di DIY
    Foto: Edzan Raharjo/detikcom

(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com