DetikNews
Jumat 28 Juli 2017, 20:56 WIB

Gunung Merapi Berstatus Normal, Pendakian Sampai Pasarbubar

Bagus Kurniawan - detikNews
Gunung Merapi Berstatus Normal, Pendakian Sampai Pasarbubar Foto: BPPTKG/detikcom
Yogyakarta -
Gunung Merapi di berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah ini berstatus normal. Pada musim liburan hingga 17 Agustus 2017 ini diperkirakan akan banyak pendaki yang akan naik ke puncak Merapi.

Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) merekomendasikan sampai di Pasarbubar, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

"Kondisi morfologi puncak Gunung Merapi saat ini rawan terjadi longsor, sehingga sangat berbahaya bagi keselamatan para pendaki," kata Kepala BPPTKG, I Gusti Made Agung Nandaka dalam keterangan tertulis, Jumat (28/7/2017).

Menurut dia, berdasarkan aktivitas Gunung Merapi yang teramati dari beberapa pos mulai tanggal 21-27 Juli 2017, cuaca cerah terjadi pada pagi dan malam hari. Pada siang dan sore hari mendung dan berkabut.

Asap berwarna putih, tebal dengan tekanan gas lemah, tinggi maksimum 450 meter tegak, teramati dari Pos Pengamatan Babadan pada tanggal 23 Juli 2017 pukul 06:05 WIB.

"Saat ini kondisi morfologi G. Merapi belum menunjukkan adanya perubahan yang signifikan," katanya.

Menurutnya dalam minggu ini kegempaan Gunung Merapi tercatat 8 kali gempa MP, 38 kali gempa guguran (RF) dan 14 kali gempa tektonik (TT). Aktivitas kegempaan minggu ini masih berada dalam kategori normal.

Data tiltmeter yang diperoleh dari Stasiun Selokopo Atas masih fluktuatif dalam batas toleransi alat. Deformasi Merapi yang dipantau secara instrumental dengan menggunakan tiltmeter, EDM dan GPS tidak menunjukkan perubahan yang signifikan.

Selanjutnya kata Made, pada minggu ini terjadi hujan di Pos Pengamatan Gunung Merapi. Intensitas curah hujan tertinggi terjadi di Pos Kaliurang pada tanggal 27 Juli 2017, tercatat jumlah curah hujan 3,3 mm/jam selama 100 menit.

"Tidak dilaporkan terjadi penambahan aliran di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi. Berdasarkan hasil pengamatan visual dan instrumental, aktivitas Merapi dalam tingkat aktivitas normal," pungkas Made.
(bgs/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed