detikNews
Selasa 25 Juli 2017, 07:13 WIB

Hari ini Calon Jamaah Haji DIY Pamitan dengan Gubernur

Usman Hadi - detikNews
Hari ini Calon Jamaah Haji DIY Pamitan dengan Gubernur Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Yogyakarta - Sebanyak 3.240 calon jamaah haji dari Provinsi Daerah Istimewa (DIY) akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Mereka akan melakukan pamitan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Acara pamitan haji akan dilakukan di Bangsal Kepatihan di kantor Gubernur DIY di Jl Malioboro, Yogyakarta, Selasa (25/7/2017).

"Jumlah calon haji tahun 2017 untuk DIY sekitar 3.240 orang termasuk petugas kloter," Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Lutfi Hamid.

Menurut Lutfi, jumlah jamaah tersebut terbagi dalam 9 kloter. Mereka akan berangkat dari embarkasi Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Dia mengatakan calon jamaah haji dari DIY mendapat tambahan fasilitas tikar mendong. Tikar ini bisa dimanfaatkan jamaah haji sebagai alas saat berada wukuf di Arofah, Muzdalifah ataupun di Mina.

Tikar mendong tersebut merupakan hasil pengrajin asal daerah Minggir Kabupaten Sleman.

"Tikar mendong itu kalau digunakan alas duduk agar lebih nyaman dan hangat, daripada menggunakan alas dari bahan plastik," katanya.

Tikar mendong tersebut merupakan hasil pengrajin asal Sleman. Sesuai namanya tikar ini terbuat dari daun mendong. Diharapkan tikar yang diberikan jamaah haji ini dapat bermanfaat saat di tanah suci.

Dia menambahkan jumlah calon jamaah haji untuk DIY lebih banyak di bandingkan tahun-tahun sebelumnya yang mengalami pengurangan kuota hingga 30 persen. Dia berharap para jamaah haji menunaikan ibadah dengan berhusnudzan, atau berbaik sangka dengan penyelenggara haji atau pemerintah.

"Kepada penyelenggara ibadah haji, pemerintah. Sebab pemerintah sudah berusaha sekuat tenaga untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan kepada jamaah haji," katanya.

Menurutnya untuk hotel tempat tinggal bagi jamaah DIY saat di Madinah dengan jarak maksimal sekitar 1,2 km. Sedangkan di Makkah maksimal 4,35 km.

"Jarak hotel di Madinah bagi jamaah DIY maksimal 1,2 km, sedangkan di Makkah maksimal 4,35 km," pungkas dia.
(bgs/bgs)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com