DetikNews
Kamis 20 Juli 2017, 18:40 WIB

Unik, Mbah Kandar Bonceng Motor Hadap ke Belakang

Uje Hartono - detikNews
Unik, Mbah Kandar Bonceng Motor Hadap ke Belakang Foto: Uje Hartono/detikcom
Wonosobo - Iskandar alias Mbah Kandar (90) warga Desa Kali Lawang Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah mempunyai cara unik saat membonceng sepeda motor. Dia tidak menghadap ke depan, namun justru menghadap ke belakang.

Dia tidak merasa takut terjatuh ketika motor berjalan. Namun dia justru sempat melinting sendiri rokok tingwe (melinting dhewe) di atas kendaraan roda dua yang tengah melaju.

Hal ini disampaikan Agus Wulyanto, teman dekat Mbah Kandar yang sering mengantarnya kemana pun.

Menurut Agus, kebiasaan yang dilakukan Mbah Kandar ini sudah dilakukan sejak dulu. Alasannya, agar tidak mudah masuk angin.

"Awalnya sempat ditegur polisi. Tetapi, sekarang sudah dimaklumi, hanya diingatkan agar memakai helm," ungkap Agus, Kamis (20/7/2017).

Selain memboncengn dengan menghadap ke belakang lanjut Agus, Mbah Kandar juga memiliki kebiasaan unik lainnya. Misalnya, berburu barang-barang antik atau kuno seperti batu akik, keris, cincin dan barang antik lainnya. Selain itu, Mbah Kandar juga kerap mencari hewan langka yang memiliki kelainan organ tubuh yang aneh.

"Seperti mencari kadal yang memiliki ekor bercabang. Biasanya barang-barang antik maupun hewan yang ia dapat dijual lagi," terangnya.

Menurut Agus, Mbah Kandar dikenal salah satu tokoh masyarakat di tempat tinggal di daerah Garung Salah satunya, sering diminta untuk menyembuhkan penyakit secara tradisional.

"Orangnya humoris, selalu mengajak bercanda. Makanya meski usianya sudah 90-an tahun tetap sehat," katanya.

Hal senada juga dikatakan Farhan, saudara Mbah Kandar yang juga tinggal satu desa. Dikatakan Farhan, kebiasaan Mbah Kandar ini membuat khawatir keluarga. Pihak keluarga sempat mengingatkan agar saat membonceng sepeda motor tetap menghadap ke depan demi keselamatan.

"Dari keluarga sempat menyampaikan agar seperti orang pada umumnya saat membonceng sepeda motor. Tetapi saat dicoba sampai dua kali, namun justru Mbah Kandar masuk angin," terangnya.

Dengan kondisi ini, keluarga mengaku hanya bisa pasrah dan mendoakan saja. Selama ini, kata Farhan, Mbah Kandar juga sempat jatuh saat membonceng sepeda motor. Namun, tetap tidak membuat kapok.

"Karena kalau menghadap ke depan masuk angin, jadi tetap menghadap ke belakang meski sempat jatuh. Justru yang takut itu yang mengendarai motor atau yang di depan," pungkas Farhan.
  • Unik, Mbah Kandar Bonceng Motor Hadap ke Belakang
    Foto: Uje Hartono/detikcom
  • Unik, Mbah Kandar Bonceng Motor Hadap ke Belakang
    Foto: Uje Hartono/detikcom

(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed