DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 18:07 WIB

Dinas Pendidikan Yogya: Konflik Sekolah Bhinneka Masalah Internal

Usman Hadi - detikNews
Dinas Pendidikan Yogya: Konflik Sekolah Bhinneka Masalah Internal Sekolah Bhinneka di Yogyakarta. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Konflik yang terjadi antara pihak yayasan dengan guru SD dan SMP Bhinneka Yogya, menyebabkan puluhan siswa mengungsi. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta menilai kejadian itu sebagai masalah internal yang sebaiknya diselesaikan secara arif di internal.

"Itu masalah internal, diselesaikan secara arif dulu di internal mereka. Dinas Pendidikan tentu berharap anak-anak tetap mendapatkan pendidikan yang layak, dan proses pembelajaran berlangsung dengan baik," Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta, Edi Heri Suasana, kepada detikcom, Senin (17/7/2017).

Menurut Edi, pihaknya selama ini sudah memberikan tugas kepada pengawas sekolah agar melakukan mediasi persoalan ini di sekolah Bhinneka Yogya.

Langkah mengumpulkan kedua belah pihak yang berseteru juga sudah dilakukan Disdik Kota Yogya. Namun usaha itu belum membuahkan hasil, lantaran salah satu pihak tidak datang dalam mediasi tersebut.

"Minggu yang lalu Disdik (Kota Yogya) sudah mengundang kedua belah pihak, tetapi salah satu pihak tidak datang," tuturnya.

Namun Edi mengaku Disdik Kota Yogya tidak akan tinggal diam. Selain mengirim Pengawas Sekolah untuk mengupayakan mediasi, pihaknya juga mencari kelengkapan data sebelum melangkah lebih jauh.

"Kami sedang melakukan pengamatan terhadap perkembangan yang terjadi dan mencari kelengkapan dokumen serta informasi-informasi lainnya agar kami tidak salah langkah," lanjut dia.

Seperti diketahui, sebanyak 64 siswa SD dan SMP Bhinneka Tunggal Ika Yogya melangsungkan aktivitas belajar di Ndalem Notoprajan. Sebagai damoak persoalan internal yayasan, orang tua siswa dan para guru yang dipecat yayasan memindahkan kegiatan belajar di Ndalem Notoprajan.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed