detikNews
Sabtu 15 Juli 2017, 09:37 WIB

Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY akan Berakhir, DPRD Bentuk Pansus

Edzan Raharjo - detikNews
Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY akan Berakhir, DPRD Bentuk Pansus Foto: Bagus Kurniawan/detikcom
Yogyakarta - Masa jabatan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dijabat Sri Sultan Hamengku BuwonoX dan Paku Alam X akan berakhir beberapa bulan lagi. Sebelum bulan Agustus sudah harus dilakukan penetapan gubernur dan wakil gubernur DIY periode 2017-2022.

DPRD DIY telah membentuk Panitia Khusus (pansus) Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2017-2022.

"Pansus Penetapan sudah terbentuk. Pansus saat ini sudah mulai bekerja. Setelah ini akan ada jadwal untuk proses penetapan yang harus dilakukan," kata Wakil Ketua DPRD DIY, Arif Noor Hartanto.

Menurutnya pansus dijadwalkan akan menerima pengajuan calon gubernur dan wakil gubernur dari Kasultanan dan Kadipaten Puro Pakualaman. Saat pengajuan sudah harus dilengkapi seluruh dokumen administrasi sebagai syarat utama.

"Mulai tanggal 19 Juni lalu, pansus sudah akan memberitahukan kepada Kasultanan dan Kadipaten. Sebelum tanggal 19 Juli seluruh dokumen sudah harus diterima," katanya.

Jumlah anggota pansus sebanyak 30 orang termasuk empat orang pimpinan dewan. Setelah menerima dan memeriksa dokumen pada tanggal 17 Juli akan ada pengajuan cagub dan cawagub dari Kasultanan dan Kadipaten.

Verifikasi dokumen persyaratan pada tanggal 17-25 Juli dilanjutkan menyusun hasil verifikasi dan Berita Acara Penetapan. Selanjutnya tanggal 25 Juli adalah penyampaian hasil verifikasi dan Berita Acara Penetapan.

Rapat paripurna tanggal 3 Agustus yakni mulai laporan hasil verifikasi Pansus Penetapan, pemaparan visi, misi dan program cagub. Selanjutnya tanggapan fraksi-fraksi dan kemudian penetapan cagub dan cawagub.

Tanggal 3 Agustus, usulan pengesahan dan penetapan gubernur dan wakil gubernur kepada Presiden RI melalui Mendagri. Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur pada tanggal 10 Agustus 2017.





(bgs/bgs)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com