Mobil Wisatawan Terbakar di Jalan Menanjak Menuju Mangunan Bantul

Usman Hadi - detikNews
Jumat, 14 Jul 2017 19:10 WIB
Pemadam kebakaran menjinakkan api yang melalap mobil wisatawan di Bantul. Foto: Dok Polsek Dlingo
Bantul - Mobil Grand Livina yang dikendarai wisatawan terbakar di Jalan Mangunan-Dlingo, Bantuk sore tadi. Mobil ini rencananya akan menuju ke objek wisata Hutan Pinus Mangunan.

Mobil berplat nomor F 1846 IM dikemudikan oleh Johan (34) warga Kabupaten Bogor. Awalnya asap muncul di kap mobil depan tapi api langsung merembet dan membakar seluruh mobil.

"Awalnya muncul asap dari kap depan mobil, terus kami menepikan mobil di sisi kiri jalan," ungkap salah satu penumpang, Nurul (33) ke wartawan, Jumat (14/7/2017).

"Setelahnya saya turunkan anak-anak, Naban (9) dan Nabil (4), karena saya takut mobil sewaktu-waktu meledak," imbuhnya.

Mobil tersebut berisi empat penumpang. Setelah semuanya turun, Nurul melihat percikan api di kap mobil. Seketika itu juga api kian membesar, langsung menghanguskan mobil tersebut.

"Saya sempat melihat percikan api. Yang penting semua selamat," tuturnya.

Kapolsek Dlingo AKP Sarjono menambahkan, untuk memadamkan api tersebut sebuah mobil pemadam kebakaran dari BPBD Bantul diterjunkan. Namun sesampainya di lokasi, mobil tersebut sudah hangus terbakar.

"30 menit setelah petugas (damkar) datang, api sudah berhasil dijinakkan," paparnya.

Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini. Jalan Imogiri-Dlingo atau Mangunan-Dlingo sempat macet. Apalagi jalur tersebut adalah jalur utama menuju kawasan objek wisata di Dlingo Bantul.

"Tapi akhirnya kemacetan bisa cepat diurai dan lancar kembali," lugasnya.

Sarjono melanjutkan, akibat peristiwa ini korban mengalami kerugian sekitar Rp 120 juta. Lantaran semua bagian kendaraan hangus terbakar.

"Penyebab kebakaran mungkin karena konsleting di mesin, terus mengeluarkan asap," ungkapnya. (sip/sip)