Ayo Naik Bus Trans Jateng, 3 Hari Gratis

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 07 Jul 2017 14:52 WIB
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengoperasikan Bus Rapid Transit (BRT). Selama 3 hari ke depan, penumpang digratiskan naik bus tersebut.

BRT ini diluncurkan untuk mempermudah akses transportasi antar kota di Jawa Tengah. Rute pertama BRT ini, Stasiun Tawang (Kota Semarang)-Terminal Bawen (Kabupaten Semarang).

Bus dengan nama Trans Jateng itu memiliki jumlah perjalanan 6 rit per hari dengan armada sebanyak 18 bus. Bus akan menempuh jarak 36,5 km dan mulai beroperasi pukul 05.00 sampai 21.00 WIB.

Tarif yang dikenakan yaitu hanya Rp 3.500 untuk umum dan Rp 1.000 untuk pelajar atau buruh. Mekanismenya, pelajar bisa menunjukkan kartu pelajar. Sedangkan buruh dengan menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan.

"Biar masyarakat lebih gampang dapat tranportasi. Janji saya mendorong, ketika buruh kesulitan transportasi karena mahal dan sulit. Prioritaskan buruh dan pelajar," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat peluncuran Trans Jateng di Terminal Bawen, Kabupaten Semarang, Jumat (7/7/2017).

Waktu tempuh dari Tawang hingga Bawen yaitu 90 menit dengan waktu tunggu di halte antara 15 menit sampai 20 menit. Untuk promosi, penumpang akan digratiskan mulai hari ini hingga hari Minggu (9/7) mendatang.

"Kita gratiskan bus ini 3 hari. Silahkan coba muter-muter, kalau ada kekurangan silahkan komplain," kata Ganjar.

Saat peluncuran, Ganjar mengingatkan kepada pengelola dan awak bus soal keamanan dan kenyamanan. Ia juga berharap nomor pengaduan ditempel yang jelas di bagian belakang bus.

"Harus tegas, kalau tidak mampu mencapai target aman, bersih, nyaman, langsung copot," tegas Ganjar.

Murahnya harga tiket Tran Jateng karena adanya subsidi pemerintah yaitu Rp 11 ribu untuk umum dan Rp 14 ribu untuk buruh serta pelajar. Kehadiran bus tersebut tentu disambut baik oleh warga.

Salah satu pelajar SMP yang menjadi salah satu penumpang pertama, Rheza mengaku senang dengan adanya bus tersebut karena nyaman dan sejuk ber-AC.

"Terimakasih Pak Ganjar, ini murah, sejuk aman. Bisa hemat," ujar Rheza.

Koridor I Stasiun Tawang-Terminal Bawen tersebut memang menjadi awal dan akan bertambah kemudian hari.

"Koridor yang lain nantikan tanggal mainnya," pungkas Ganjar. (alg/bgs)