Awas! Ubur-ubur Mulai Menepi di Parangtritis

Usman Hadi - detikNews
Selasa, 04 Jul 2017 17:19 WIB
Foto: Dok. SAR Parangtritis
Bantul - Pengunjung obyek wisata Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul diimbau berhati-hati. Ubur-ubur mulai muncul di kawasan tersebut. Ancaman terkena sengatan bisa terjadi bila wisatawan bermain di pinggir pantai.

Mulai awal bulan Juli, ubur-ubur mulai terlihat di tepian Pantai Parangtritis. Meski jumlahnya tidak banyak, namun para wisatawan diminta waspada. Apalagi hewan ini, bisa memberikan sengatan saat hewan ini merasa dalam bahaya.

Koordinator SAR Pantai Parangtritis Ali Sutanto menuturkan, puncak kedatangan ubur-ubur diprediksi terjadi bulan Agustus nanti. Tapi saat ini mulai terlihat beberapa ubur-ubur menepi di Pantai Parangtritis.
"Kami minta wisatawan waspada dan berhati-hati bila bermain di pantai," kata Sutanto kepada wartawan di posko SAR Parangtritis, Selasa (4/7/2017).

Sutanto menjelaskan beberapa waktu lalu petugas SAR Pantai Parangtritis sudah menemukan belasan ubur-ubur. Ubur-ubur ini muncul di kawasan Parangtritis merupakan siklus tahunan.

"Ini siklus tahunan saja, awal-awal ditemukan sedikit tapi nanti di bulan Agustus jumlah ubur-uburnya bertambah banyak," katanya.

Menurutnya tinggi tidaknya gelombang di Pantai Selatan Bantul turut mempengaruhi banyak tidaknya ubur-ubur di wilayah ini. Sewaktu gelombang tinggi ubur-ubur tidak akan terlihat, tapi saat gelombang hanya sekitar 1 atau 2 meter saja ubur-ubur bakal menepi.

"Kalau ketinggian gelombang hanya 1 atau 2 meter, dan kecepatan angin rendah ubur-ubur mudah menepi di tepian pantai," katanmya.

Untuk ubur-ubur yang sudah terdampar, dia meminta wisatawan tak perlu panik. Sebab dipastikan ubur-ubur tersebut tak akan menyengat. Ubur-ubur hanya menyengat hanya saat berada di dalam air.

"Karena ini siklus tahunan, kami hanya bisa mengimbau ke wisatawan agar hati-hati," pungkas dia. (bgs/bgs)