Masih di Solo? Pillih 4 Warung Bestik ini untuk Dicoba Malam Nanti

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 01 Jul 2017 10:23 WIB
Racikan Dapoer Bistik Solo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Berkunjung ke Kota Solo, pastinya belum genap rasanya kalau belum menikmati makanan khasnya. Satu menu yang cukup unik yakni bestik atau bistik.

Ada sebagian kalangan yang mengatakan nama bestik diambil dari makanan beef steak. Namun jika dilihat dari penyajiannya, dua makanan tersebut jauh berbeda.

Jika steak berkuah kental, bestik disajikan berkuah encer. Rasa kuahnya mirip dengan makanam selat yang juga khas Solo, manis, asam dan segar.

Dalam satu warung biasanya menyediakan berbagai macam menu bestik, antara lain bestik ayam, daging sapi, brutu, rempelo ati dan lidah. Bestik disajikan dengan sayuran pelengkap, seperti wortel, selada dan kentang.

Harga bestik berbeda-beda di tiap warung. Satu porsi dibanderol sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu.

Warung bestik biasanya buka pada malam hari. Berikut 4 warung bestik yang bisa Anda kunjungi selama menghabiskan masa liburan lebaran di Solo.

Dapoer Bistik Solo
Dapoer Bistik memadukan konsep tradisional dengan konsep kekinian. Tempatnya cukup modern. Penyajian bestik menggunakan peralatan gerabah. Warung tersebut juga menyediakan menu selera anak muda, seperti roti bakar, french fries, milkshake dan kopi nusantara.

Masih di Solo? Pillih 4 Warung Bestik ini untuk Dicoba Malam NantiBestik disajikan dalam gerabah di Dapoer Bistik. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Lokasinya berada di Jalan Kebangkitan Nasional No 62, Penumping, Laweyan, Solo. Buka pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Harjo Bestik
Inilah warung bistik legenda di Solo. Dikelola turun-temurun, bahkan kini telah membuka cabang di beberapa tempat. Namun tempat utama dari warung model kaki lima ini berada di Jalan Radjiman, Serengan, Solo. Tepatnya berada di timur perempatan Pasar Kembang Solo. Sedangkan cabangnya ada di beberapa lokasi, yakni depan Pasar Gading dan Jalan Yos Sudarso di selatan perempatan Nonongan.

Masih di Solo? Pillih 4 Warung Bestik ini untuk Dicoba Malam NantiMenu Harjo Bestik. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Di warung tersebut, pembeli juga akan disuguhi pertunjukan musik keroncong. Harjo Bestik buka setelah pukul 17.00 WIB.

Sumber Bestik Pak Darmo
Warung bestik Pak Darmo berada di Jalan Radjiman, Serengan, Solo. Tepatnya berada di barat Masjid Fatimah.

Masih di Solo? Pillih 4 Warung Bestik ini untuk Dicoba Malam NantiSumber Bestik di Jalan Radjiman. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Hiburan musik keroncong pun tersedia di warung ini. Warung tersebut buka setelah pukul 17.00 WIB.

Warung Bestik Pak Pur
Berada di Jalan Yos Sudarso, warung bestik ini memiliki tempat cukup nyaman. Jika dari arah selatan, warung ini berada sebelum belokan menuju Serabi Notosuman.

Masih di Solo? Pillih 4 Warung Bestik ini untuk Dicoba Malam NantiBestik racikan Pak Pur. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Sama seperti Harjo Bestik dan Sumber Bestik, Warung Bestik Pak Pur juga menyediakan hiburan musik keroncong. Warung buka di atas pukul 17.00 WIB. (mbr/mbr)