Lele Laut, Menu Alternatif bagi Wisatawan yang Berlibur di Yogya

Usman Hadi - detikNews
Sabtu, 24 Jun 2017 14:22 WIB
Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - Selain wisata alam dan sejarah di Yogyakarta, wisatawan yang berlibur lebaran tahun ini, juga bisa berwisata kuliner seafood. Salah satunya di Pantai Depok, Kretek, Bantul.

Di tempat itu adalah puluhan rumah makan seafood. Ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan dijual di sekitar pantai. Berbagai seafood mulai dari udang, cumi-cumi, bawal, tongkol, tengiri dan lain-lain tersedia di tempat itu.

Salah satu menu cukup tenar di rumah-rumah makan seafood di Pantai Depok Bantul yakni Lele Laut Blekecek. Menu ini serasa spesial, lantaran jenis ikan ini sukar didapat nelayan setempat. Bisa dikatakan Lele Laut langka di pantai ini.

"Ikan Lele Laut memang bentuknya seperti lele biasanya (lele daratan), tapi ukurannya lebih besar. Di tempat kami memang ada menu Ikan Laut Blekecek, tapi tidak selalu ada tiap hari, tergantung hasil tangkapan nelayan," jelas pemilik Rumah Makan Salsabila 2, Dardi Nugroho, Sabtu (24/6/2017).

Menurut dia yang menjadikan menu ini spesial selain lele laut langka yakni sajian menu yang berbeda. Lele laut sebelum diolah menjadi blekecek terlebih dahulu dicampur dengan rempah-rempah.

"Mungkin karena bumbu rempah itu dibecek-becek, olahan ikan ini dinamai Lele Laut Blekecek," ungkapnya.

Selain bisa dibuat blekecek, lele laut juga bisa diolah dengan cara dibakar dan dicampur kecap. Untuk mempercantik sajian, biasanya menu ikan laut ini ada tambahan lalapan kemangi dan timun, ada juga tauge dan bawang mentah. "Lalapannya ada kemangi, timun, tauge dan bawang mentah," tuturnya.

Tak hanya Lele Laut Blekecek, sajian seafood cukup tenar di Pantai Depok Bantul yakni Cumi Lombok Ijo. Seperti namanya, olahan cumi ini disajikan berbeda, menyerupai sajian tumis lombok ijo. Tentu olahan ini berbeda dibanding olahan cumi di tempat-tempat lainnya.

Olahan cumi memang lebih kerap disajikan dengan digoreng pakai tepung, atau disajikan dengan rasa asam manis dan pedas. Namun setelah muncul kreasi dari para juru masak di rumah makan seafood Pantai Depok, muncul varian baru olahan cumi. "Agar tidak bosan," tambah ny Sumarni, istri Dardi Nugroho.

Karena disajikan dengan kombinasi lombok ijo, rasa paling dominan atas olahan ini adalah sensasi pedasnya. "Masaknya tidak terlalu lama kok. Soalnya kalau lama cumi yang dipotong kecil-kecil jadi keras," pungkas dia.


(bgs/bgs)