Paceklik Berlalu, Nelayan Pantai Depok Bantul Panen Ikan

Usman Hadi - detikNews
Jumat, 23 Jun 2017 16:25 WIB
Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - Setelah sempat mengalami musim paceklik ikan akibat dihantam ombak tinggi, nelayan Pantai Depok Bantul mulai panen ikan. Panenan ikan dari pantai selatan ini jenis ikan Surung, Tembung, Lele laut, Pari, Teri, dan Tengiri mencapai 1 kuintal sekali melaut.

"Satu bulan selama puasa ini tangkapan nelayan mulai bagus. Rata-rata dapat ikan lebih dari setengah kuintal," Sarijo (45) salah satu nelayan Pantai Depok, Jumat (23/6/2017).

Menurut selama musim panen ini, ikan yang paling banyak didapat jenis surung, tembung, lele laut, pari, teri, dan tengiri. Ikan jenis surung yang paling banyak didapatkan nelayan.

Sarijo mengatakan sekali melaut menggunakan kapal jukung, biaya operasional mencapai Rp 250 ribu. Saat musim panen ini hasil tangkapan cukup banyak dan menguntungkan.

"Biaya operasional Rp 250 ribu, rata-rata untungnya Rp 700 ribuan," katanya.

Menurut dia, karena mendekati lebaran banyak nelayan luar daerah yang memilih mudik. Jumlah kapal jukung yang beroperasi hanya 13 kapal dari 50 kapal yang ada di Pantai Depok.

Dia memperkirakan puncak panen ikan terjadi setelah lebaran. Saat puncak panen, satu kapal jukung bisa mendapatkan ikan sekitar 2-3 kuintal.

Dia menambahkan ikan hasil tangkapan sebagian besar langsung dijual kepada wisatawan. Pengunjung atau wisatawan lebih senang membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan baik untuk dibawa pulang atau di makan di rumah makan sekitar pantai.

"Kalau ikan dijual langsung ke pengunjung bisa dapat Rp 50 ribu. Tapi kalau sudah masuk TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Pantai Depok, harganya bisa turun sampai Rp 25 ribu," kata Sarijo. (bgs/bgs)