BPJS Kesehatan Buka Posko Mudik di Stasiun Tugu Yogya

Usman Hadi - detikNews
Rabu, 21 Jun 2017 15:44 WIB
Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Untuk memberikan layanan kesehatan bagi pemudik, BPJS Kesehatan membuka 8 posko mudik di titik padat pemudik. Salah satunya ada di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Sedangkan yang lain di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, dan Pelabuhan Merak Banten.

"Pelayanan kesehatan di posko mudik yang dibuka BPJS Kesehatan diberikan gratis untuk pemudik," kata Kepala Divisi Ragional VI DIY dan Jateng BPJS Kesehatan, Aris Jatmiko di Stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu (21/6/2017).

Menurutnya posko mudik BPJS Kesehatan digelar serentak di 8 titik ini dibuka tanggal 21-24 Juni 2017. Keunggulan posko mudik ini terdapat dokter, paramedis, ambulance, dan petugas BPJS Kesehatan yang siap memberikan layanan kesehatan.

"Di posko ini juga ada tempat rekreasi dan istirahat, obat-obatan, termasuk kami menyediakan konsultasi kesehatan gratis," katanya.

Aris melgatakan, para pemudik tak perlu khawatir, karena posko mudik BPJS Kesehatan di 8 titik tersebut dibuka 24 jam. Petugas yang bertugas dibagi 3 shift, masing-masing shift tiap posko selalu ada petugas jaga.

"Posko mudik BPJS Kesehatan ini bukan pertama kali, tahun lalu kita juga mengadakan. Karena layanan yang kami berikan gratis, pemudik jangan sungkan," tuturnya.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Yogyakarta Sri Mugirahayu menambahkan, di posko mudik BPJS Kesehatan para pemudik juga dipersilakan berkonsultasi terkait BPJS Kesehatan. Bahkan para pemudik juga bisa mendaftar kepesertaan BPJS Kesehatan di tiap posko tersebut. "Karena posko buka 24 jam, para pemudik juga bisa mendaftar (BPJS Kesehatan)," katanya. (bgs/bgs)