Bocah Magelang ini Menabung Uang Recehan Sejak SD untuk Daftar MAN

Pertiwi - detikNews
Rabu, 21 Jun 2017 14:50 WIB
Foto: Screenshot akun Facebook Yuni Rusmini
Magelang - Sebuah postingan yang diunggah di media sosial Instagram oleh salah seorang warga Magelang cukup menyita perhatian selama dua hari ini. Pasalnya, dalam postingan gambar tersebut, tampak seorang anak yang tengah duduk menghadap meja.

Di atas meja, terdapat beberapa tumpukan uang receh yang dihitung oleh seorang wanita.

Belakangan, diketahui bahwa anak itu bernama Eka Duta P, warga Desa Ngadirejo, Kecamatan Secang, Magelang. Duta adalah lulusan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Magelang tahun ini.

Foto yang menjadi viral itu adalah peristiwa saat Duta itu sedang mendaftar sekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Selasa (20/6).

Saat mendaftar, Duta membawa uang receh senilai Rp 1 juta dari hasil menabung sejak dirinya masih di bangku Sekolah Dasar (SD). Dia memang sengaja menabung sejak dulu untuk bekal mendaftar sekolah karena tidak ingin merepotkan orangtua.

Peristiwa tersebut dibenarkan oleh Agung Dwi Lasmono, guru yang menerima pendaftaran Duta di MAN 1 Payaman, kepada detikcom, Rabu (21/6/2017).

Yang mengharukan, Duta berangkat dari rumah menuju MAN Payaman seorang diri hanya dengan menaiki sepeda. Tidak ada yang mendampinginya selama proses mendaftar di sekolah baru. (mbr/mbr)