Haryadi Suyuti Pimpin DPD Golkar DIY

Edzan Raharjo - detikNews
Sabtu, 17 Jun 2017 20:37 WIB
Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Partai Golkar DIY menggelar Musyawarah Daerah (Musda) IX. Ketua DPD Partai Golkar DIY kini dipegang oleh Haryadi Suyuti. Haryadi terpilih sebagai Ketua DPD Golkar DIY secara aklamasi.

Haryadi Suyuti menggantikan Gandung Pardiman yang telah dua kali memimpin Partai Golkar DIY. Gandung memimpin Partai Golkar hingga 2015. Masa jabatan yang sempat kosong itu kemudian diisi Nusron Wahid yang ditunjuk langsung dari DPP Partai Golkar.

Haryadi yang saat ini menjabat Walikota Yogyakarta berjanji akan segera melakukan konsolidasi internal Partai Golkar.

"Tidak ada ruang untuk kepengurusan yang tidak solid. Yang ada hanyalah waktu yang cepat, pengurus yang solid menyongsong 2019," kata Haryadi Suyuti pada Musda IX Partai Golkar DIY di Hotel Sahid, Babarsari, Sleman, DIY, Sabtu (17/6/2017).

Dia mengatakan dengan kepengurusanya yang singkat 2017-2019 ini target pertama adalah melakukan konsolidasi internal partai Golkar di DIY dan khususnya partai Golkar diseluruh kabupaten/kota di DIY. Untuk menghadapi hajatan 2019 pileg dan pilpres partai Golkar harus jadi partai yang solid.

Menurutnya Golkar harus menjadi partai yang benar-benar bangkit, jaya dan menang. Ia juga akan melakukan dialog membangun komunikasi dengan partai politik lain di DIY. Jadi kerjasama internal dengan melihat kerjasama eksternal. Berbagai persiapan harus disusun matang untuk menghadapi hajatan pileg dan pilpres.

"Persiapan dari tingkat dusun, kelurahan untuk bisa menunjukkan bahwa Golkar benar-benar bangkit, jaya dan menang," katanya.

Terkait dengan jabatanya sebagai Walikota Yogyakarta, ia mengatakan bisa memisahkan antara jabatan sebagai Walikota dan jabatan di parpol.

"Jelas terpisah, saya memisahkan bahwa yang satu adalah tugas politik dan yang satu tugas pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Dalam musda tersebut Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Freddy Latumahina bersama Plt demisioner DPD Golkar DIY Nusron Wahid.

Sementara itu Nusron Wahid juga berharap agar Haryadi Suyuti bisa memimpin Golkar DIY ke arah yang lebih baik daripada sebelumnya. Nusron menganggap terpilihnya Haryadi berada dalam keadaan yang sangat baik yakni hari ke-40 berdasar hitungan Jawa dan bertepatan bulan Ramadhan.

"Saya meyakini kepemimpinan Haryadi Suyuti ini akan membawa Golkar DIY menjadi semakin kuat. Kami juga menyampaikan selamat pada pengurus DPD Kabupaten/Kota DIY yang secara resmi sudah dilantik hari ini. Semoga kedepan pengurusan ini juga solid dan mudah-mudahan kedepan wajah-wajahnya lebih muda lagi," pungkas Nusron.


(bgs/bgs)