DetikNews
Sabtu 17 Juni 2017, 04:23 WIB

Jelang Lebaran, Harga Sembako di Banyumas Cukup Stabil

Arbi Anugrah - detikNews
Jelang Lebaran, Harga Sembako di Banyumas Cukup Stabil Pasar Manis Purwokerto. (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Banyumas - Menjelang Lebaran 2017 harga-harga kebutuhan pokok di Banyumas terbilang stabil. Kenaikan diperkirakan akan terjadi mendekati hari raya Idul Fitri. Bahkan beberapa barang yang semula harganya cukup tinggi, sekarang turun harga meskipun masih relatif tinggi.

Seperti halnya bawang putih jenis kating yang pada pekan lalu di Pasar Manis Purwokerto sempat menembus angka Rp 90 ribu/kg, saat ini turun menjadi Rp 80 ribu/kg.

Pedagang bawang putih di Pasar Manis, Mukminah, mengatakan saat ini kesulitan mendapatkan bawang putih dari pengepul. Dengan kelangkaan itu dia hanya menyediakan 10 kilogram per hari dan tidak dapat menyimpan banyak stok bawang putih.

"Saya ambil dari pengepul di Ajibarang juga sudah Rp 68 ribu/kg, itu juga masih basah dan banyak yang rusak, sehingga masih harus disortir lagi," ujarnya, Jumat (16/6/2017).

Komoditas lainnya, bawang merah super dijual Rp 35 ribu/kg dan bawang merah sedang Rp 30 ribu/kg. Sedangkan cabai rawit merah yang sebelumnya mencapai Rp 40 ribu/kg, kini turun harha Rp 30 ribu/kg. Penurunan harga cabai rawit merah ini juga diimbangi dengan stok cabai rawit merah yang mulai melimpah.

"Saya ambil dari pengepul lokal Banyumas, barangnya memang sudah ada lagi setelah sebelumnya kosong sampai harga diatas Rp 100 ribu per kilogram," ujar Tarsini.

"Menjelang Lebaran nanti biasanya harga-harga akan naik lagi. Seperti tahun lalu harga cabai rawit mencapai Rp 80 ribu/kg. Sekarang tidak tahu akan sampai berapa karena juga bertepatan tahun ajaran baru anak sekolah," lanjutnya.

Jelang Lebaran, Harga Sembako di Banyumas Cukup StabilPasar Manis Purwokerto. (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)

Sementara bebapa kebutuhan pokok lainnya seperti telur ayam mengalami penurunan harga dari sebelumnya Rp 22 ribu/kg menjasi Rp 21 ribu/kg. Sedangkan beras IR mulai Rp 9 ribu/kg, dan pandangwangi Rp 11 ribu/kg.

Harga minyak goreng kemasan Rp 12 ribu hingga Rp 14.500 per liter. Sedangkan harga minyak goreng curah Rp 12 ribu/liter.

"Gula pasir sekarang Rp 13 ribu/kg. Garam halus eceran mulai Rp 5 ratus hingga Rp 2 ribu/kg. Garam batangan besar Rp 6 ribu dan garam batangan kecil Rp 5 ribu dengan isi 12 batang. Untuk harga tepung terigu kemasan mulai Rp 5 ribu hingga Rp 8.500, serta tepung terigu kiloan Rp 8 ribu," ujar pedangang sembako di Pasar Manis Purwokerto, Rudi.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed