DetikNews
Senin 12 Juni 2017, 14:31 WIB

Jelang Lebaran, BI Solo Gandeng Perbankan Buka Penukaran

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jelang Lebaran, BI Solo Gandeng Perbankan Buka Penukaran Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Memasuki pekan ketiga bulan Ramadan, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Surakarta bersama perbankan di Solo Raya mulai melayani penukaran uang baru melalui kas keliling secara bersama-sama. Penukaran melalui mobil kas keliling ini untuk mempermudah warga masyarakat yang ingin mendapatkan uang pecahan baru.

Penukaran kas keliling bersama digelar di halaman mal The Park Solo Baru, Sukoharjo, Senin (12/6/2017). BI melayani penukaran uang dibantu Bank Mandiri dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Kita sudah keliling di kabupaten-kabupaten. Sukoharjo ini belum, kita pilih di The Park saja. Jangan di pemkab terus, di sini kan juga tempat keramaian," kata Deputi Kepala BI Surakarta bidang Advisori dan Pengembangan Ekonomi Daerah, Taufik Amrozy.

Menurutnya, hari ini BI menyediakan uang baru sebanyak Rp 2,6 miliar untuk sekitar 600 orang. Masing-masing orang dapat menukarkan uang maksimal Rp 4,4 juta. Selanjutnya, BI kembali menggelar kas bersama di lokasi yang sama pada Rabu, 14 Juni 2017.

Taufik memperkirakan animo masyarakat yang akan menukarkan uang pecahan baru akan meningkat terus dibandingkan hari ini.

"Hari ini kita menggandeng dua bank. Rabu besok kita buka kas keliling bersama Bank Muamalat, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Jateng. Kita siapkan lebih banyak," katanya.

Sedangkan pada pekan depan, BI akan melayani penukaran uang di halaman Benteng Vastenburg pada 19-22 Juni 2017. Pelayanan akan dilakukan oleh BI bersama 10 bank di Solo.

"Jadi di The Park ini juga untuk pemanasan dulu. Nanti yang di Benteng Vastenburg pasti akan jauh lebih ramai. Kemudian membutuhkan pengamanan ekstra juga," pungkasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed